Wirausaha Internet, Peluang Bisnis Mudah dan Murah di Era Digital

Wirausaha Internet Peluang Bisnis Mudah dan Murah di Era Digital

Revolusi industri 4.0 ditandai dengan “internet of things”, yaitu penggunaan teknologi digital dan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini, salah satunya, menyebabkan terjadinya perubahan karir dan pekerjaan seseorang, dan juga berpengaruh pada kegiatan berwirausaha.

Pertanyaannya, mengapa internet bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan wirausaha?

Berkat internet banyak bisnis berevolusi mengikuti perilaku konsumen dengan menciptakan inovasi dan layanan canggih berbasis teknologi pintar dan terintegrasi.

Secara tidak langsung, perubahan ini menciptakan peluang bisnis baru yang memanfaatkan jaringan internet. Melakukan aktivitas usaha melalui web, media sosial, maupun penjualan barang-barang produksi secara online.

Internet menjadi alternatif utama dalam transaksi bisnis. Menghadirkan lebih luas peluang memasarkan beragam produk usaha melalui bisnis online, sehingga mendorong hadirnya entrepreneur atau wirausaha internet.

Apa itu Wirausaha Internet?

Munculnya wirausaha atau entrepreneur internet sebagai dampak adanya kebutuhan dalam bersaing untuk memenangkan kesempatan dan memperoleh keuntungan usaha sesuai dengan perubahan perilaku masyarakat di era digital.

Perubahan perilaku konsumsi masyarakat yang beralih dari konvensional ke digital menghadirkan peluang usaha atau bisnis online sehingga tumbuh wirausaha internet.

Wirausaha internet adalah seseorang atau sekelompok orang yang melibatkan kekuatan besar internet untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya, baik berupa kegiatan penjualan barang produksi secara fisik maupun pelayanan modern yang inovatif.

Wirausaha online mengeksplorasi, menciptakan, membuat keputusan, bertransaksi, maupun operasional bisnisnya dengan menggunakan fasilitas internet.

Contoh Peluang Bisnis Wirausaha Internet

Contoh aktivitas atau jenis-jenis bisnis online yang saat ini menjadi trend diantaranya adalah:

  • Toko online (e-commerce).
  • Freelancer, seperti penulis artikel untuk blog, akuntan, konsultan, designer yang menawarkan jasa melalui internet.
  • Menjadi pengembang atau pembuat aplikasi online.
  • Bisnis berbasis layanan, seperti pengiriman makanan, jasa angkutan, atau jasa pembersihan online.
  • Bisnis berbasis konsultasi, seperti perencana, konsultan pernikahan, parenting, penelitian, dan/atau konsultasi keuangan.
  • Bisnis pemasaran, seperti perusahaan public relation, pengembang SEO, dan sebagainya.
  • Pemasaran afiliasi, seperti amazon, clickbank, eBay dan sebagainya.
  • Blogger yang mengulas produk, blog khusus seperti majalah, cerpen, atau novel.
  • Vlogger, seperti konten kreator youtube, tiktok, dan sebagainya.
  • Agen penjualan properti online.
  • Layananan penerjemah.
  • Layanan guru privat, dan/atau kelas online pada satu kemampuan khusus.

Contoh wirausaha online sukses di dunia salahsatunya adalah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, yang memulainya dari kamar asrama di kampus Harvard bersama empat teman sekamarnya (Kompas.com).

Bisnis online di Indonesia pun berkembang dengan cepat mengikuti perubahan perilaku masyarakat. Berikut beberapa contoh entrepreneur internet di Indonesia yang sukses sebagai wirausaha online:

  • Nadiem Makarim (Gojek)
  • William Tanuwijaya (Tokopedia)
  • Achmad Zaky (Bukalapak)
  • Andrew Darwis (Kaskus)
  • Muhammad Hasan Abdillah (Kreator konten Youtube/hasanjr11)
  • Alshad Kautsar Ahmad (Kreator konten Youtube)
  • Herman Yudiono (Blogger)
  • Harumi P.S (Blogger)
  • Belva Devara (Ruangguru.com)
  • Ryan Gondokusumo (Sribulancer.com)
  • dan masih banyak lagi.

Karakteristik Khusus Wirausaha Internet

Muharika dan Sitti (2019), menjelaskan karakter wirausaha internet sebagai berikut:

1. Passion yang kuat terhadap produk yang dijualnya

Passion, sering juga disebut dengan minat, adalah kegandrungan, kesukaan, atau kegairahan yang menimbulkan semangat, rasa tidak pernah bosan pada suatu objek.

Dengan memiliki passion yang kuat terhadap produk yang dijualnya, wirausaha internet memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan aktivitas usaha secara online.

Passion yang kuat akan mendorong wirausahawan rela mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya tanpa mengeluh. Tidak menghitung untung rugi, hanya untuk memuaskan hasrat terlibat dengan hal yang disenangi.

Banyak wirausaha internet yang sukses bermula dari melakukan apa yang disenangi, yang pada akhirnya berkembang menjadi bisnis online yang menghasilkan keuntungan yang besar.

2. Memahami keinginan orang lain (empati)

Setiap orang suka dilayani dengan baik, cepat, dan tidak ada keraguan. Wirausaha internet harus memiliki karakter empati agar apa yang dibutuhkan, keinginan, dan perilaku apa yang diharapkan orang lain dapat terlayani dengan baik.

Karakter empati dibutuhkan untuk mengurangi kekhawatiran yang dirasakan pelanggan, mengingat wirausaha secara online hubungan antara pembeli dengan penjual dilakukan melalui dunia maya.

3. Kemampuan meyakinkan orang lain dengan komunikasi

Iklan produk yang menarik tidak akan cukup menjamin seseorang memutuskan untuk berbelanja secara online, maka seorang wirausaha internet harus mampu menjalin komunikasi yang meyakinkan terhadap calon pembeli.

Komunikasi yang meyakinkan hanya bisa dilakukan jika seorang entrepreneur internet mengetahui dan mengenal dengan baik produk yang dijualnya. Inilah pentingnya passion bagi orang yang ingin memulai berwirausaha secara online.

4. Kejujuran

Kejujuran menjadi perilaku utama seorang pebisnis untuk mencapai sukses, apalagi seorang wirausaha internet yang mana calon pembeli tidak bisa melihat langsung produk yang akan dibeli.

Seorang pelanggan bisa memberikan skor reputasi yang buruk karena menemukan kebohongan, janji yang tidak ditepati, maupun spesifikasi produk yang diterima tidak sesuai dengan apa yang diiklankan melalui toko online.

5. Inovatif

Ide dan gagasan wirausaha yang muncul harus diwujudkan dalam perilaku inovatif. Keunikan dan keberbedaan memberikan informasi dan produk akan memberikan peluang wirausaha internet untuk mendapatkan konsumen.

Kata kunci yang unik dan spesifik pada situs usaha yang dimiliki memungkinkan mendatangkan kunjungan yang tinggi sehingga memiliki potensi untuk mendapatkan pembeli.

6. Visioner

Seorang entrepreneur internet harus memiliki pemikiran, keinginan, maupun cara pandang atau visi yang matang dalam menjalankan bisnis.

Visi yang matang dalam menjalankan bisnis online akan mendorong munculnya perilaku kreatif, inovatif, dan tidak cepat puas terhadap apa yang sudah dihasilkan sehingga mampu menghadapi setiap perubahan teknologi digital maupun perilaku konsumen yang begitu cepat.

7. Fokus

Meskipun wirausaha internet memiliki kebebasan dalam bekerja, tidak terikat waktu dan jadwal, namun komitmen dan fokus dalam bisnis tetap harus dikedepankan.

Mendisiplinkan diri untuk selalu fokus pada bisnis yang dijalankan merupakan salah satu kunci sukses dalam berwirausaha, termasuk kegiatan wirausaha yang dijalankan secara online.

Keuntungan Wirausaha Internet

Secara umum, keuntungan wirausaha internet adalah meminimalisir biaya operasional usaha dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang tidak bisa disentuh oleh pasar secara offline.

Secara khusus, keuntungan yang diperoleh dengan menjalankan bisnin melalui internet adalah:

  1. Menunjukkan sikap profesional sebagai pengusaha karena mengikuti perubahan trend bisnis.
  2. Bisnis yang dijalankan dapat beroperasi 24 jam.
  3. Biaya awal investasi dan waktu yang dibutuhkan minimal.
  4. Dapat menjangkau prospek pasar yang tidak dapat dijangkau dengan metode konvensional.
  5. Dapat mengotomatisasi kegiatan bisnis, seperti proses order, pembayaran, pengelolaan stock, konsumen, technical support, dll.
  6. Memiliki media pendukung yang komunikatif, cepat, dan efektif.
  7. Menghemat biaya operasional kantor dan transportasi.
  8. Bebas bereksperimen, tidak perlu mencetak brosur dan mengirimkan ke calon prospek untuk mengganti penawaran dan pengujian penjualan.
  9. Memiliki kebebasan melakukan aktivitas lain karena bisnis berjalan otomatis secara online.
  10. Menghindari prasangka yang kurang baik jika melakukan penawaran secara langsung dengan tatap muka.

Resiko Wirausaha Internet

Setiap usaha pasti memiliki resiko, termasuk pada wirausaha internet. Namun demikian, untuk sukses maka harus berani menghadapi dan melakukan antisipasi terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Berikut resiko yang banyak ditemui dalam berbisnis online melalui internet:

1. Penipuan

Banyaknya kasus penipuan yang terjadi pada bisnis online menyebabkan sulit untuk mendapatkan kepercayaan calon konsumen.

Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen terhadap produk yang dijajakan melalui internet.

2. Regulasi yang belum lengkap

Aturan-aturan hukum terhadap kegiatan bisnis online yang belum lengkap mengakibatkan sulitnya mencari perlindungan hukum jika terjadi masalah.

Karenanya, keamanan dan privasi dalam bisnis online harus diperhatikan, baik keamanan terhadap situs yang digunakan untuk menjalankan bisnis online maupun informasi pribadi konsumen.

3. Infrastruktur dan bandwidth telekomunikasi

Masih banyak daerah-daerah yang belum tersentuh dan/atau jaringan internet lemah sehingga ketika kegiatan usaha berpindah tempat pada daerah tersebut maka aktivitas usaha akan terhambat.

Selain itu, adanya biaya internet dan fasilitas jaringan yang tergantung pada provider penyedia layanan internet dengan kualitas sinyal yang berbeda-beda.

4. Keuntungan tidak dapat diraih secara cepat

Wirausaha internet sedikit berbeda dengan wirausaha konvensional yang bisa memperoleh keuntungan lebih cepat.

Keuntungan berbisnis secara online tidak dapat diraih secara instan. Seringkali pada tahun pertama lebih banyak pada aktivitas untuk branding produk maupun situs untuk menjalankan bisnis.

Namun demikian, usaha dan kerja keras tersebut akan terbayar dengan penghasilan yang tidak terbatas ketika produk atau situs bisnis sudah mendapatkan kepercayaan konsumen.

5. Membutuhkan pemahaman terhadap dunia bisnis online

Resiko gagal dalam menjalankan bisnis online diantaranya karena wirausaha tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan khusus dalam berbisnis melalui jaringan internet.

Membutuhkan usaha keras untuk memahami perkembangan dunia bisnis online agar mencapai sukses sebagai entrepreneur internet.

Usaha ini dapat dilakukan dengan belajar dari pengalaman pribadi maupun orang lain, membaca buku, mengikuti seminar atau workshop tentang bisnis online.

6. Tidak disiplin waktu

Bisnis online tidak ada jam atau waktu khusus dalam bekerja menjalankan usaha karena semua dijalankan secara otomatis, namun hal ini seringkali menjadi resiko kegagalan pada wirausaha internet.

Oleh karena itu, pebisnis online harus tetap disiplin waktu, menyediakan waktu untuk selalu update dan upgrade perkembangan teknologi digital agar tidak tertinggal oleh para pesaing, yang berakibat pada kegagalan usaha.

Tips Sukses Menjadi Wirausaha Internet

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan wirausaha internet, berikut tips untuk menjadi pebisnis online yang sukses.

1. Fokus pada bisnis tunggal

Jangan bekerja untuk beberapa bisnis dalam waktu yang sama. Entrepreneur internet tidak akan mencapai sukses ketika mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.

Untuk sukses dalam bisnis online maka wirausaha internet harus berani mengabaikan tawaran yang datang bertubi-tubi. Tetap fokus dan bekerja pada satu urusan bisnis dan menjadi berkembang didalamnya.

2. Memilih tempat usaha yang tepat berbasis online

Sepertihalnya bisnis konvensional, bisnis online juga memerlukan tempat untuk memajang produk-produk yang dijual.

Dalam memulai bisnis online, langkah pertama adalah menentukan platform website sebagai lapak berjualan, bisa yang berbayar maupun tidak.

Kunci utama adalah bagaimana mendesain toko online agar terlihat berbeda dan menarik dibandingkan situs pesaing serta memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan agar konsumen merasakan kenyamanan dalam berbalanja.

3. Menjaga kepercayaan konsumen

Kasus penipuan yang banyak terjadi pada bisnis online membuat konsumen tidak mudah percaya pada produk-produk yang dijual di toko online.

Meskipun tidak bertatap muka, kredibilitas usaha dapat dibentuk melalui kepastian transaksi dengan cara berikut:

  • memberikan fasilitas chatting pada website;
  • mencantumkan email, nomor kontak, maupun alamat yang bisa dihubungi konsumen;
  • kesabaran dan keramahan dalam pelayanan;
  • pengemasan yang menarik dan keamanan produk yang dikirimkan; dan
  • pilih ekspedisi yang terpercaya dan mampu lebih cepat mengirim barang dengan tarif yang lebih murah.

Kepercayaan dan kepuasan konsumen bisa menjadi promosi yang hebat dalam bisnis online. Pembeli akan merekomendasikan kepada orang lain jika telah terbukti memberikan pelayanan yang memuaskan.

4. Mencari mentor bisnis online

Memiliki mentor atau pelatih dalam bisnis online akan membantu wirausaha internet mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Salah satu cara terbaik adalah mendaftar di program keanggotaan atau pelatihan premium para mentor, karena sebagian besar internet marketer yang sukses memiliki satu atau lebih mentor bisnis.

5. Bergabung denga mastermind group

Mastermind group adalah sekelompok orang yang memiliki pemikiran atau tujuan serupa yang melakukan diskusi secara reguler, saling memberikan saran dan pendapat serta support satu sama lain dalam menjalankan usaha.

Bergabung dalam mastermind group dapat memberikan manfaat berikut:

  • meningkatkan tanggung jawab dalam berusaha;
  • memperluas jaringan atau network dengan kolaborasi dan promosi;
  • menambah pengetahuan dan keterampilan;
  • memperkuat sistem dukungan; dan
  • memperoleh saran dan masukan untuk berkembang.

Hal-hal tersebut di atas tidak bisa didapatkan hanya dengan membaca literatur kewirausahaan, melainkan best practice dalam menjalankan bisnis online sebagai wirausaha internet.

6. Belajar dan patuh pada aturan manajemen keuangan bisnis

Penting untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Seberapa besar keuntungan yang diperoleh, jika tidak mampu mengelola keuangan maka bisnis yang dijalani akan menuju jurang kegagalan.

Belajar dan mematuhi aturan dalam manajeman keuangan bisnis menjadi kunci menjadi wirausaha internet yang sukses.

Belajar sendiri akuntansi secara otodidak dan/atau menyewa jasa akuntan ketika bisnis online yang dijalani sudah berkembang pesat dan menghasilkan profit yang besar.

Penutup

Entrepreneur internet adalah seorang atau sekelompok orang yang menjalankan bisnis atau berwirausaha secara online dengan transaksi menggunakan jaringan internet.

Menjadi wirausaha internet bisa menjadi alternatif pilihan karir dan merupakan peluang bisnis yang mudah dan murah bagi generasi milineal di era digital.

Mudah, karena hanya dengan modal mengembangkan potensi diri, minat, dan bakat yang Anda miliki, Anda bisa memulai bisnis online sendiri dengan memanfaatkan perangkat teknologi digital dan jaringan internet.

Murah, dengan “menjajakan” kemampuan atau keahlian khusus yang Anda miliki pada platform yang mempertemukan perusahaan dan penyedia jasa, Anda bisa memulai bisnis online tanpa modal dengan menjadi freelancer di sribulancer.com, misalnya.

Bahkan tanpa memproduksi barang pun Anda bisa memiliki bisnis online dengan menjadi afiliator pada produk dengan brand ternama atau toko online besar, seperti amazon, ShareASale, Lazada, shopee, dll.

Bagaimana jika tidak mahir membuat website, alternatifnya adalah berkolaborasi dengan orang lain yang ahli, mereka yang merancang dan mengoperasikan websitenya, sedangkan Anda kreator kontennya.

Bisa juga dengan menggunakan jasa pembuat website. Banyak penyedia jasa yang tidak sekedar membuatkan website tetapi juga memberikan pelatihan sampai Anda bisa mengoperasikan sendiri bisnis online yang Anda jalani.

Cari mentor dan bergabung dengan mastermind group untuk selalu update dan upgrade kemampuan dan keterampilan Anda dalam menjalankan bisnis.

Tentu saja dengan usaha kerja keras, kreatif, inovatif, tidak cepat puas diri, selalu belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, mengikuti perkembangan dan perubahan dalam bisnis online, serta menjaga kepercayaan konsumen merupakan kunci sukses wirausaha internet.

Posting Komentar untuk "Wirausaha Internet, Peluang Bisnis Mudah dan Murah di Era Digital"