Bagaimana Cara Mengatasi Malas Belajar?

Cara Mengatasi Malas Belajar

Kenapa Anda malas belajar? Sebuah pertanyaan yang sering diajukan ketika mendapati seseorang yang enggan belajar, baik di rumah, sekolah, maupun lembaga pendidikan lainnya.

Fenomena malas belajar semakin meresahkan ditengah-tengah gempuran teknologi digital yang menyelinap di hampir semua lini kehidupan. Realitas di masyarakat menunjukkan bahwa, orang lebih asyik bermedia sosial dibandingkan dengan aktivitas belajar.

Kondisi ini bukan lagi persoalan sederhana. Fenomena malas belajar harus dipahami secara menyeluruh. Kenapa Anda malas belajar? Apakah karena teknologi digital? atau karena ada faktor lain? Bagaimana cara mengatasi malas belajar?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda atas pertanyaan di atas, simak artikel berikut sampai tuntas!

Apa itu Malas Belajar?

Untuk memahami pengertian malas belajar, perlu dipahami bahwa malas belajar tidak sama dengan lamban belajar.

Orang yang lamban belajar meskipun mempelajari sesuatu membutuhkan waktu yang lama tetapi mereka memiliki motivasi dan kemauan untuk menyelesaikannya. Kondisi sebaliknya ada pada seseorang yang malas belajar.

Orang yang malas belajar biasa ditunjukkan dengan ciri-ciri berikut:

  • menganggap belajar bukan prioritas penting;
  • belajar merupakan kegiatan yang membosankan;
  • belajar menjadi beban;
  • tidak memiliki kebiasaan belajar teratur;
  • tidak memiliki catatan pelajaran yang lengkap;
  • tidak mengerjakan tugas;
  • sering membolos;
  • seringkali mengharapkan bocoran jawaban saat ujian; atau
  • menyontek untuk mendapatkan nilai yang bagus;
  • dan lain sebagainya.

Kondisi malas belajar jika dibiarkan akan menimbulkan dampak negatif, mulai dari prestasi belajar rendah, tidak lagi memiliki minat belajar sama sekali, kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri dan mencapai prestasi yang gemilang, atau lebih memilih kehidupan yang tidak sehat.

Mengapa Malas Belajar?

Hal penting yang harus disadari bahwa, faktor penyebab malas belajar bersifat kompleks. Kita tidak bisa serta merta menyalahkan perkembangan teknologi digital sebagai penyebab tunggal kemalasan belajar sebagaimana yang berkembang di masyarakat.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab malas belajar:

1. Motivasi belajar yang rendah

Rasa malas belajar yang timbul dalam diri Anda bisa jadi disebabkan karena tidak adanya motivasi belajar dalam diri Anda. Motivasi ini kemungkinan belum tumbuh karena Anda belum mengetahui dan memahami manfaat dari belajar, atau belum ada sesuatu yang ingin Anda capai.

2. Gaya belajar yang tidak sesuai

Setiap individu itu unik, demikian halnya dengan gaya belajar mereka. Setiap orang memiliki cara belajar mereka masing-masing. Gaya belajar yang tidak tepat bisa menjadi penyebab malas belajar.

Contoh: Seorang siswa dengan modalitas belajar kinestetik yang dominan dipaksa untuk duduk membaca buku dalam waktu yang lama, tentu saja menjadi malas belajar karena anak dengan gaya belajar kinestetik membutuhkan aktivitas fisik dalam memahami materi pelajaran.

3. Bullying

Bullying bisa mendorong seseorang menjadi malas belajar. Bullying bisa mengakibatkan dampak serius pada kondisi piskologis mereka, seperti:

  • stres;
  • kecemasan;
  • penurunan minat;
  • harga diri rendah;
  • gangguan konsentrasi;
  • perasaan tidak aman; dan
  • gangguan emosional lainnya.

Kondisi psikologis akibat bullying ini dapat mengganggu motivasi belajar sehingga seseorang menjadi malas belajar.

4. Masalah dalam proses belajar

Proses belajar bisa mendorong kemalasan belajar. Proses belajar yang tidak menarik, tidak relevan, kurang menantang, dan tidak memberikan ruang untuk kreativitas dan ekspresi diri dapat menimbulkan kebosanan dan kejenuhan belajar yang berujung pada kemalasan belajar.

5. Kurang istirahat

Malas belajar bisa juga disebabkan karena kelelahan dalam beraktivitas, seperti bermain atau membantu pekerjaan orang tua, sehingga menurunkan kekuatan fisik dan melemahnya kondisi psikis.

Salah satu faktor penyebab malas belajar yang umum terjadi adalah kurang tidur. Akibat kurang tidur di malam hari, Anda akan merasa letih atau mengantuk keesokan harinya sehingga Anda menjadi malas belajar, bahkan tertidur saat belajar.

Bagaimana Cara Mengatasi Malas Belajar?

Sesuai dengan keunikan individu, Kita harus secara cermat menelaah faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab rasa malas belajar sehingga dapat memetakan darimana sumber mengatasi kemalasan dalam belajar.

Namun, secara umum cara mengatasi malas belajar dapat dilakukan dengan menumbuhkan motivasi belajar dalam diri Anda.

Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu tindakan atau perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, motivasi belajar adalah suatu dorongan yang dapat menimbulkan kemauan seseorang untuk belajar.

Apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar?

1. Tentukan tujuan belajar

Tentukan tujuan belajar Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Mengapa Anda harus belajar? Apa yang ingin Anda capai?

Tentukan tujuan secara realistis, yang dapat Anda capai. Rencanakan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan.

2. Menemukan minat pribadi

Eksplorasi minat pribadi Anda dan hubungkan dengan pembelajaran sehingga Anda bisa menikmati aktivitas belajar.

Misalnya, Anda suka sepakbola, maka Anda akan lebih termotivasi untuk belajar matematika ketika penjelasan materi pelajaran dikaitkan dengan aktivitas seputar sepakbola.

3. Belajar aktif

Untuk untuk meningkatkan motivasi belajar bisa dilakukan dengan cara belajar aktif, yaitu mengarahkan, menggerakkan, mengendalikan proses penalaran, sikap serta tindakan penelaahan materi pelajaran secara kritis.

Belajar aktif dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Aktif bertanya secara detail hal-hal yang berkaitan dengan pembahasan materi pelajaran untuk mencari tahu atau memahami secara konkret dari apa yang dipelajari.
  • Aktif berbuat atau memperaktikkan materi Pelajaran yang dipelajari.
  • Mengatur waktu belajar yang efektif.
  • Aktif mencari sumber belajar yang relevan dengan materi yang dipelajari.
  • Menggunakan metode pembelajaran yang beragam.

4. Menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif

Lingkungan belajar yang inspiratif dapat meningkatkan motivasi belajar Anda. Ruang belajar dengan perabotan yang nyaman, rapi, dan pencahayaan yang baik membuat Anda bersemangat untuk belajar.

Tidak kalah penting, siapkan semua perlengkapan belajar dan dekorasi yang memotivasi di dalam ruang belajar Anda. Selain ruang belajar menjadi menyenangkan, hal ini juga akan membuat Anda lebih fokus dalam aktivitas belajar Anda.

5. Hubungkan materi Pelajaran dengan kehidupan nyata

Cobalah Anda merenung dan bertanya pada diri sendiri, “mengapa ini harus saya pelajari?”.

Hubungkan materi yang Anda pelajari dengan kehidupan nyata, bagaimana pengetahuan dan keterampilan yang Anda peroleh setelah belajar akan berguna dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan Anda.

Ketika Anda sudah dapat melihat relevansi antara materi yang Anda pelajari dengan kehidupan nyata, Anda akan lebih termotivasi untuk belajar.

6. Hindari prokrastinasi

Prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan, bahkan ketika tahu bahwa penundaan tersebut akan menimbulkan konsekuesi negatif. Prokrastinasi mengakibatkan tugas-tugas yang menumpuk yang bisa membuat Anda stres dan tidak tahu mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Hindari menunda tugas belajar Anda tanpa alasan yang jelas. Tetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda secara realistis. Identifikasi tugas-tugas yang membutuhkan prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu.

7. Beri ruang untuk kegagalan

Manusia tidak ada yang sempurna. Fokus pada kemajuan belajar yang Anda buat, bukan pada kesempurnaan. Jangan biarkan keinginan kesempurnaan untuk tugas yang Anda kerjakan menghambat kemajuan belajar Anda.

Beri ruang untuk kegagalan pada diri Anda. Kegagalan akan membantu Anda memperoleh pengalaman yang sangat berharga dalam belajar, mengembangkan ketahanan, berfikir kritis, dan kepercayaan diri Anda.

Kegagalan merupakan sebuah proses alami untuk mencapai keberhasilan. Pengalaman kegagalan yang Anda hadapi dapat mengurangi tekanan untuk selalu berhasil, dan memungkinkan Anda termotivasi untuk mencoba sesuatu yang baru tanpa takut gagal.

8. Beri penghargaan pada diri sendiri

Penghargaan atas usaha dan sebuah pencapaian dapat memberikan dorongan motivasi tambahan. Berikan penghargaan pada diri Anda sendiri saat mencapai target atau tujuan yang telah Anda tetapkan di awal pembelajaran.

Penghargaan bagi diri sendiri (self reward) dapat menjadi penyemangat sekaligus penghilang stres setelah Anda melewati perjuangan yang menguras tenaga dan pikiran Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan suntikan motivasi baru untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.

9. Jaga keseimbangan hidup

Untuk mencegah kelelahan dan menjaga motivasi Anda, pastikan keseimbangan antara belajar dengan aktivitas lain dalam hidup Anda, dan tentu saja istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda agar tetap fokus dan memiliki energi yang cukup saat belajar.

10. Mencari dukungan orang lain

Diskusilah secara teratur dengan teman, keluarga, maupun guru/ mentor Anda. Jangan ragu untuk meminta bantuan mereka saat mengalami kesulitan belajar karena mereka dapat memberikan dukungan moral, saran, atau bahkan membantu Anda mangatasi kesulitan yang Anda alami.

Meminta bantuan saat mengalami kesulitan bukan bentuk kelemahan Anda, melainkan sebuah tindakan bijaksana untuk mencapai tujuan Anda secara optimal. Dukungan orang-orang di sekitar Anda bisa menjadi cara mengatasi malas belajar yang efektif.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengatasi Malas Belajar?"