7 Cara Mengatasi Emotional Numbness Lengkap dengan Pengertian dan Pemicunya

cara-mengatasi-emotional-numbness

Sebagian orang mungkin pernah mengalami yang namanya mati rasa emosional atau emotional numbness. Cara mengatasi emotional numbness sangat penting agar orang yang bersangkutan tidak berujung rusaknya hubungan dengan orang lain.

Biasanya orang yang mati rasa tidak mampu mengekspresikan apa yang dirasa sehingga lambat laun emosi menjadi ekstrem. Berbagai upaya bisa dilakukan agar tidak terlambat ke arah yang lebih parah lagi.

Apa Itu Emotional Numbness

Untuk melihat sejauh mana tingkat mati rasa emosi dalam diri seseorang bisa dengan emotional numbness test Indonesia. Test akan menentukan sejauh mana emosi dalam diri seseorang muncul dan terbentuk.

Secara umum, emotional numbness merupakan mati rasa emosional yang muncul akibat kedukaan sangat ekstrem dalam diri seseorang. Emosi ekstrem yang terjadi mengakibatkan penyangkalan emosi dan ujungnya tidak baik untuk hubungan dengan orang lain.

Lebih mudahnya, seorang yang mengalami emotional numbness adalah seseorang yang tidak mampu mengelola stres dengan baik. Apabila dibiarkan berlarut-larut efeknya berdampak pada kesehatan mental dan pikiran seseorang.

Stres tanpa dikelola dengan baik menyebabkan gangguan hormon yang mengatur mood dan emosi. Selain emosi, faktor kelelahan fisik yang over menimbulkan tingkat resiko terjadinya feeling buruk hingga mati rasa secara emosional.

Penyebab Terjadinya Emotional Numbness

Kedukaan, pikiran dan stres berkelanjutan tentu ada pemicu dan penyebabnya. Penyebab utama hal berbau negatif dan menjadi traumatis mampu menimbulkan mood buruk.

Adapun penyebab emotional numbness adalah sebagai berikut:

1. Kedukaan

Kedukaan terbesar adalah saat ditinggal meninggal orang yang paling dicintai. Meskipun kematian adalah hal yang pasti terjadi tapi kedukaan bagi yang ditinggal menyimpan luka mendalam. Inilah pemicu yang menimbulkan emosi mendalam bagi seseorang.

2. Kecemasan

Kecemasan tingkat tinggi menciptakan emosi dan respon pemicu stres, ketakutan dan rasa khawatir. Jika dibiarkan dapat depresi berkelanjutan.

3. Pengidap Borderline Personality Disorder (BPD)

Orang dengan gangguan BPD merasa semua emosi seolah bukan miliknya. Hal ini menimbulkan mati rasa secara emosional dan mendalam.

4. Depresi

Orang yang sedang depresi menciptakan emosi bertumpuk. Pada tingkat lanjut kecemasan akan depresi menimbulkan suasana hati tidak menentu. Ujung-ujungnya adalah emotional numbness level tinggi.

5. Pengobatan

Minum obat pereda depresi berlebihan dapat membahayakan seseorang dan menciptakan numbness feeling. Lebih baik konsultasikan secara rutin agar mati rasa emosi dapat dihindari. Jika sampai tingkat depresi dapat membahayakan mental, jiwa dan kesehatan.

6. Over Stress

Rasa khawatir dan panik berlebihan membuat tingkat stres tinggi. Biasanya faktor yang semakin memperparah keadaan adalah fisik yang terlalu capek.

7. Pelecehan S3ksual

Bagi siapapun, mengalami pelecehan s3ksual adalah hal yang tidak mudah dilupakan. Secara emosional akan membentuk perasaan sedih berkelanjutan dan menyalahkan diri sendiri. Tidak percaya pada orang lain dan mati rasa serta traumatis hingga dewasa.

8. Kekerasan Fisik

Mati rasa karena trauma salah satu penyebabnya adalah mengalami kekerasan fisik yang berkelanjutan. Selain itu kejadian terus menerus dan tidak berani mengungkap menciptakan ketakutan yang menumpuk.

9. Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Mati rasa versi PTSD merupakan orang yang menghindari pikiran, rasa dan percakapan. Munculnya pikiran negatif dan kegagalan untuk kembali pulih setelah melihat suatu yang mengerikan.

10. Skizofrenia

Skizofrenia yaitu mengalami perasaan sangat tidak tertarik atas apapun yang ada di sekelilingnya merupakan salah satu penyebab emotional numbness.

11. N4rkoba

Narkob4 berpengaruh pada aliran darah dan kinerja otak. Jika tidak segera diantisipasi akan masuk pada tahap level mati rasa secara emosional.

Melihat banyak sekali penyebab dari emotional numbness sangat bagus jika mengetahui cara mengatasinya. Apa saja?

7 Cara Mengatasi Emotional Numbness

Menyadari gejala emotional numbness bagi sebagian orang tidak mudah. Namun, jika memang merasa hal tersebut, harus dapat menerima keadaan terlebih dahulu. Dengan demikian ada niat dan harapan untuk lebih baik dalam menentramkan emosi.

Cara mengatasi emotional numbness bisa dengan langkah berikut, antara lain:

1. Dukungan Orang Terdekat

Upaya pertama untuk mengatasi emotional numbness mencari dukungan orang terdekat. Sadar bahwa tidak mungkin hidup sendiri maka butuh orang sekitar untuk membantu.

Cara mengatasi emotional numbness bisa dengan mengekspresikan apa yang dirasakan agar tidak menumpuk di pikiran dan berbagi apa yang dirasakan ke orang terdekat.

2. Fokus Pada Diri Sendiri

Artinya tidak perlu terlalu menghiraukan urusan orang atau kritikan. Namun, ini hanya sekedar menyembuhkan mati rasa akan emosi yang muncul pada diri pribadi. Dengan fokus pada diri sendiri tidak ada gangguan luar yang dapat memicu munculnya mati rasa itu kembali.

3. Tak Perlu Hiraukan Orang Lain

Orang lain mau bicara apapun terutama yang negatif adalah hak orang. Sebaiknya tidak perlu menghiraukan apa yang diomongkan apalagi terkait hal negatif. Jika muncul emosi adalah wajar dan ekspresikan langsung, misalnya saja dengan marah tapi masih dalam kontrol wajar.

4. Kontrol Emosi

Telah disebutkan sebelumnya boleh saja marah jika memang ada sesuatu yang mengganggu. Mental numbness adalah mampu mengungkapkan marah dengan pengelolaan yang baik dapat berlatih meminimalisir mati rasa.

Artinya dapat mengekspresikan dengan baik dan tidak malah menumpuk dalam hati.

5. Grounding Exercise

Untuk melatih dan mengelola emosi dengan baik ada bisa melakukan grounding exercise. Teknik mindfulness ini sangat bagus guna mengurangi kecemasan berlebihan. Cara mengatasi emotional numbness secara grounding exercise yaitu:

  • Melakukan latihan nafas dalam, rasakan sampai udara mengalir dan merasa tenang.
  • Setelah mampu merasa tenang, pegang salah satu benda di sekitarnya. Lalu rasakan tekstur, suhu atau beratnya.
  • Mencari warna di sekitar dan sebutkan 5 warna benda di sekeliling.
  • Kemudian memegang es batu hingga meleleh, rasakan setiap detik sensasinya.
  • Memutar lagu favorit dan mendengarnya dengan sungguh-sungguh.

6. Melakukan Hobi

Melakukan hobi secara menyenangkan dan bersungguh-sungguh membuat mati rasa memudar dengan sendirinya. Misalnya saja menari, menulis, membaca atau traveling sehingga tercipta kesegaran pikiran.

7. Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi emotional numbness berikutnya adalah menerapkan pola hidup sehat. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan kadar hormon kebahagiaan. Makan makanan cukup nutrisi sehingga tubuh sehat dan mampu mengelola stres dengan baik.

Melakukan cara di atas memang bisa meningkatkan kestabilan emosi dan mampu menekan emosi meledak tanpa kontrol. Bagaimanapun juga, pengelolaan emosi yang baik membutuhkan latihan dan proses.

Penutup

Apabila mengalami emotional numbness dan berbagai cara pribadi belum meningkatkan sisi positif, sebaiknya berkonsultasi ke psikiater atau psikolog. Kedua ahli tersebut akan menemukan bagaimana solusi tepat bagi si mati rasa ini.

Cara mengatasi emotional numbness memang tidak mudah. Namun, dengan niat dan terus menerus diupayakan, hasilnya akan terlihat. Terlebih lagi jika banyak orang dekat dan teman yang memberi dukungan.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Emotional Numbness Lengkap dengan Pengertian dan Pemicunya"