NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Faktor Yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua Menurut Para Ahli

faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua

Pola asuh anak perlu dibentuk oleh orangtua. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua menurut para ahli. Faktor-faktor ini mampu membentuk orangtua menjadi pengasuh yang baik bagi anaknya dan sebaliknya.

Untuk mengubah pola asuh maka orangtua perlu bekerjasama dimulai dari mengenal dirinya sendiri dan membentuk dirinya menjadi kebiasaan baru sehingga mampu mengasuh anak-anaknya lebih baik.

Berikut beberapa ahli yang mengatakan faktor yang mempengaruhi pola asuh:

    Menurut Hurlock

    Menurut Hurlock Faktor yang mempengaruhi pola asuh adalah sebagai berikut:

    1. Kepribadian Orang Tua

    Setiap orangtua pasti memiliki kepribadian yang berbeda. Tentu hal ini sangat mempengaruhi jenis pola asuh anak nantinya. Misalkan orang tua yang sensitif akan berusaha untuk mendengar anaknya.

    Namun berbeda jika orangtua yang gampang marah, mungkin akan tidak sabar dengan perubahan anaknya.

    2. Pola Asuh Yang Diterima Orangtua

    Banyak orangtua secara sadar maupun tidak sadar akan mempraktekkan pola asuh orang tuanya kepada anaknya. Orang Tua yang sering dikritik orang tuanya dulu akan membuatnya juga gampang mengkritik anaknya sendiri ketika akan mencoba hal baru.

    3. Agama atau Keyakinan

    Keyakinan dan nilai-nilai agama tentu juga akan berpengaruh terhadap pola asuh anak. Orangtua akan mengajarkan apa yang mereka tahu kepada anaknya. Misalkan memberitahu tentang berbuat baik, sopan, toleransi dan lain sebagainya.

    Tentu semakin kuat keyakinan dan agama orang tua maka semakin kuat pula pengaruhnya ketika mengasuh anaknya.

    4. Pengaruh Lingkungan

    Lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap pola asuh orangtua. Hal ini dikarenakan orang tua akan belajar dari orang-orang disekitarnya baik keluarga maupun teman-temannya yang telah memiliki pengalaman.

    Baik maupun buruk saran yang akan diterimanya akan dipertimbangkan untuk nantinya dipraktekkan ke anak-anaknya.

    5. Pendidikan Orangtua

    Orangtua yang memiliki Pendidikan yang tinggi tentu mereka akan memiliki informasi yang banyak. Baik informasi itu dari buku, seminar, ataupun yang lainnya. Informasi ini akan digunakan untuk mengatur pola asuh menjadi lebih.

    6. Usia Orang Tua

    Tentu usia merupakan faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua. Hal ini dikarenakan usia akan membawa orangtua sesuai dengan karakteristik pada masanya. Usia ini juga nantinya akan berpengaruh terhadap komunikasi terhadap anak.

    Orangtua yang memiliki jarak cukup jauh dengan anaknya akan membutuhkan kerja keras dalam menelusuri dunia yang dihadapi sang anak dan sebaliknya.

    7. Jenis Kelamin

    Biasanya sang ayah akan lebih memimpin dan ibu lebih bersifat merawat. Sang ibu juga cenderung memelihara dan menjaga anaknya dalam kondisi baik-baik saja. Sedangkan sang ayah akan mengajarkan rasa aman kepada anak dan keberanian dalam memulai hal baru.

    8. Status Sosial Ekonomi

    Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua selanjutnya adalah status sosial ekonomi. Tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap anak untuk mengambil keputusan. Anak dengan status sosial ekonomi tinggi akan mencoba hal-hal yang lebih bagus.

    Sebaliknya jika orangtua anak memiliki status sosial ekonomi yang rendah maka mereka cenderung bekerja keras jika menginginkan sesuatu.

    9. Kemampuan Anak

    Banyak orangtua yang akan membedakan perhatian terhadap anak yang berbakat, normal hingga yang sakit.

    10. Situasi

    Situasi ini merupakan faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua ke anak. Dimana anak yang penakut akan diberi hukuman yang ringan daripada anak yang agresif dan keras kepala. Orang Tua yang otoriter juga akan cenderung mendidik sesuai dengan situasinya.

    Menurut Hoffmann dan Lippit

    Faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua menurut Hoffmann dan Lippit (dalam Mussen, 1970) sebagai berikut:

    1. Faktor Keluarga

    Pengalaman orangtua saat mereka masih kecil biasanya akan diterapkan juga kepada anaknya kelak.

    2. Faktor Pendidikan

    Pendidikan disini sangat mempengaruhi pola pikir orang tua dalam mendidik anaknya. Orang tua yang memiliki pendidikan tinggi akan mendidik anaknya dengan informasi yang luas. Berbeda dengan orangtua yang pendidikannya rendah, mereka akan mengasuh setaunya mereka saja.

    3. Keadaan dalam Keluarga

    Untuk keluarga yang memiliki banyak anak tentu kurang maksimal dalam menerapkan pola asuh. Hal ini dikarenakan perhatian orangtua harus terbagi-bagi. Tak hanya itu jenis kelamin, keadaan sosial ekonomi, faktor budaya juga merupakan faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua.

    4. Karakteristik Pribadi Anak

    Karakteristik ini akan meliputi kepribadian anak, konsep diri, kondisi fisik dan Kesehatan fisik. Hal ini dikarenakan anak yang membutuhkan perhatian khusus tentu akan lebih ekstra dan tidak boleh lepas dari pengawasan orangtua.

    Menurut Edward

    Faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua menurut Edward (2006) sebagai berikut:

    1. Pendidikan Orangtua

    Pendidikan akan mempengaruhi dalam kesiapan orangtua menjalankan pengasuhan. Ada beberapa cara untuk menjadi lebih siap dalam menjalankan peran pengasuhan antara lain selalu menyediakan waktu, terlibat aktif dengan Pendidikan anak, dan menilai perkembangan.

    Hasil jurnal yang diutarakan Sir Godfrey Thomson menunjukkan bahwa Pendidikan dapat diartikan sebagai pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan.

    Orangtua yang telah mempunyai pengalaman akan lebih siap menjalankan person asuh. Tak hanya itu orangtua yang telah siap akan lebih mampu mengamati tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan anak.

    2. Lingkungan

    Tidak mustahil jika lingkungan juga menjadi faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua. Hal ini dikarenakan lingkungan memiliki warna pola-pola pengasuhan sendiri yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

    3. Budaya

    Umumnya orang tua akan mengikuti cara-cara yang dilakukan masyarakat dalam mengasuh anaknya. Kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam mengasuh anak dirasa berhasil dalam mendidik akan kearah kematangan.

    Orangtua pasti mengharapkan kelak anaknya akan diterima dilingkungan masyarakat dengan baik. Maka dari itu orangtua akan mendidik anaknya sesuai dengan budaya atau kebiasaan masyarakat di lingkungannya.

    Menurut Mussen

    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua menurut Mussen, berikut diantaranya:

    1. Lingkungan Tempat Tinggal

    Tentu lingkungan sangat berpengaruh dengan pola asuh anak. Misalkan keluarga yang berada di kota besar biasanya cenderung lebih banyak mengontrol anaknya dan lebih merasa khawatir, mereka juga akan cenderung melarang anaknya untuk tidak keluar sendiri.

    2. Sub Kultur Budaya

    Budaya akan berpengaruh terhadap mengambil tindakan-tindakan yang diambil baik untuk orang tua ataupun sang anak. Budaya yang bebas cenderung memperkenankan anak-anaknya untuk mempertanyakan tindakan yang dilakukan oleh orangtuanya.

    Namun berbeda jika budayanya tertutup, maka hal tersebut akan dipandang tidak sopan dan tidak pada tempatnya.

    3. Status Sosial Ekonomi

    Cara pandang orangtua dengan status sosial ekonomi tinggi akan berbeda dengan status sosial ekonomi rendah. Mereka akan menerapkan pola asuh sesuai dengan kemampuan dan yang terpenting bisa diterima masing-masing anggota keluarga.

    Simpulan

    Itulah tadi faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua menurut beberapa ahli yang diambil dari jurnal teori yang ada. Kesimpulannya faktor yang mempengaruhi tersebut semuanya hampir sama, sama-sama dilihat dari internal dan eksternal orangtua dan anak.

    Semoga dengan mengetahui faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua diatas, Anda sebagai orangtua akan mampu mengasuh anak dengan baik.

    Related Posts

    Posting Komentar