NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Cara Mengatasi Kesedihan Mendalam Kehilangan Orang Terdekat

Mengatasi Kesedihan Mendalam Kehilangan Orang Terdekat

Dalam kehidupan, ada beberapa titik yang akan membuat Anda terjebak dalam permasalahan. Khususnya rasa duka yang mendalam saat kehilangan orang terdekat.

Namun, jangan sampai Anda terlalu larut dalam kesedihan tersebut. Sebab, hal itu akan membuat kesehatan Anda menjadi terganggu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kesedihan untuk bisa terbebas dari masalah rasa duka yang mendalam.

Dampak Negatif Terlalu Larut dalam Kesedihan

Ketika kehilangan seseorang, maka kesedihan secara otomatis akan melanda. Akan tetapi, Anda harus mengontrolnya agar tidak terlalu berlarut-larut. Hal ini karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang bervariasi.

Berikut dampak yang akan Anda dapatkan, jika terlalu lama bersedih :

1. Dapat Memicu Depresi

Salah satu akibat yang paling umum terjadi saat kesedihan melanda adalah munculnya depresi. Kesimpulan ini pun berdasarkan sebuah studi pada tahun 2006 yang dilakukan di Amerika Serikat.

Depresi memiliki tanda-tanda, yakni berupa tidak semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, merasa sedih dan selalu menangis sepanjang hari, berkurangnya kesenangan, memiliki gangguan tidur, dan gejala lainnya.

Apabila Anda mulai mengalami beberapa gejala di atas, maka jangan ragu untuk meminta bantuan dari psikiater.

2. Ingin Melakukan Bunuh Diri

Seseorang yang sedang kehilangan orang terdekat, biasanya akan memiliki pemikiran tentang bunuh diri. Oleh sebab itu, risiko bunuh diri pada orang yang merasa sedih akan meningkat.

Tentu saja, adanya kecenderungan seseorang dalam percobaan bunuh diri memiliki alasan dan faktor tersendiri. Salah satunya adalah orang tersebut mengalami depresi berat. Kehilangan orang terdekat akan menumbuhkan rasa sepi yang menyiksa, sehingga depresi pun akan timbul.

3. Pola Makan yang Terganggu

Tidak sedikit orang yang sedang sedih akan menjadikan makanan sebagai tempat pelarian mereka. Melansir dari studi Journal of Psychology Interdisciplinary and Applied tahun 2012, pola makan yang terganggu ada hubungannya dengan kesedihan.

Gangguan makanan tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, diantaranya adalah mulai dari binge eating disorder, bulimia nervosa, dan anoreksia nervosa.

4. Mengakibatkan Kematian Secara dini

Memang benar bahwa manusia tidak bisa memprediksi terjadinya kematian. Namun, berdasarkan penelitian studi yang Brigham Young University lakukan di Utah, Amerika Serikat, bahwa kesedihan dapat menimbulkan risiko kematian lebih cepat.

Studi ini melibatkan hampir 3,4 juta partisipan, melaporkan bahwa perasaan sedih dapat menarik diri dari lingkungan dan dapat menimbulkan risiko terjadinya kematian.

Dengan rata-rata 30% lebih cepat, angka tersebut bahkan bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan faktor seperti jarang olahraga, polusi udara, obesitas, dan hal lainnya.

Cara Mengatasi Kesedihan

Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa sedih dan kehilangan dalam hati :

1. Memberikan Waktu

Sebenarnya, pada awalnya bersedih ketika menerima atau tidak percaya akan kondisi kehilangan adalah hal yang wajar. Apalagi ternyata kehilangan tersebut terjadi pada waktu yang tiba-tiba.

Perasaan sedih akan memiliki 5 tahapan yang meliputi penolakan, kemarahan, kompromi, depresi, dan juga penerimaan. Dengan adanya tahapan ini, Anda akan melalui berbagai emosi ketika merasa kehilangan.

2. Belajar Melupakan Perasaan Sedih

Meskipun Anda adalah orang tertutup dan jarang mengungkapkan perasaan sedih, namun menumpahkan perasaan tersebut tidaklah salah. Hal ini agar Anda menjadi pulih secara cepat. Oleh karena itu, lebih baik hindari menyembunyikan perasaan dalam waktu yang lama.

Dengan memendam rasa sedih dan terus berpura-pura menjadi kuat adalah bukan cara menghilangkan kesedihan yang efektif. Hal tersebut malah akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi semakin sakit.

Oleh sebab itu, jujur kepada diri sendiri mengenai rasa sedih dan melupakannya dalam tangisan adalah cara yang paling tepat. Menangis bisa membuat fisik dan mental Anda terbantu untuk melegakan perasaan.

3. Mengekspresikan Perasaan Melalui Cara Kreatif

Anda bisa mencoba melupakan kesedihan dengan cara berkarya, Sebab, selain bisa membantu mengatasi kesedihan, cara ini juga bisa membuat kenangan indah bersama orang terkasih.

Apabila Anda gemar menulis, maka tulislah pengalaman kehilangan tersebut di jurnal maupun surat. Sehingga, Anda bisa dengan mudah mengenang segala aktivitas dan perkataan orang terdekat dalam tulisan tersebut.

Selain itu, kamu bisa mencoba melukis dan menggambar wajah orang terdekat. Kemudian memasangnya pada bingkai foto, atau menyimpan foto orang itu dengan menggunakan kalung liontin. Sehingga, Anda akan merasa bahwa orang tersebut selalu berada di sekitar Anda.

4. Selalu Menjaga Kesehatan Fisik

Menurut Hermione N. Lokko, emosi seseorang akan berkaitan erat dengan saraf orang tersebut. Keadaan fisik dan emosi akan saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain.

Saat berada pada kondisi fisik yang baik, maka emosi Anda juga akan menjadi lebih baik. Seperti pepatah, dalam tubuh sehat terdapat jiwa kuat. Sehingga, menjaga kesehatan fisik juga bisa meningkatkan jiwa menjadi kuat dan dapat membantu Anda mengatasi rasa sedih atas kehilangan.

Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat seperti makan dengan cukup, tidur sesuai waktu, dan melakukan olahraga. Dengan kegiatan yang sehat ini, maka Anda akan merasakan hidup yang lebih baik.

5. Mencari dukungan

Jika merasakan kesedihan dengan menghadapinya secara sendiri, maka rasa sedih tersebut akan berkembang dengan cepat. Untuk cara menghilangkan kesedihan itu, Anda dapat meminta dukungan dari orang terdekat. Dan percaya kepada mereka, bahwa Anda pantas dihargai dengan bantuan itu.

Jangan lupa untuk memberitahu kepada mereka, bahwa Anda membutuhkan dukungannya. Keluarga dan teman sejati akan menjadi pendukung terbesar Anda dalam mengatasi rasa sedih.

Mereka akan senantiasa menyediakan bahu untuk Anda menangis maupun memberikan bantuan untuk mengatur jalannya pemakaman.

6. Mencoba Bersosial dengan Kelompok Tertentu

Kesedihan akan membuat Anda merasa kesepian, sehingga apabila keluarga dan teman ternyata tidak cukup untuk mengatasi duka tersebut, maka Anda dapat mencoba bergabung dengan kelompok atau komunitas.

Anda bisa mencoba menghubungi rumah sakit, rumah duka, pusat konseling, penampungan, dan tempat sejenisnya untuk mencari dukungan. Selain itu, dengan membantu orang lain akan memberikan manfaat seperti perasaan Anda jauh lebih baik.

Saling berbagi cerita akan membuat setiap orang merasa terbantu, namun jika kesedihan Anda sudah sangat parah, pergi ke tempat konseling ahli kesehatan mental adalah pilihan yang tepat.

7. Melakukan Kegiatan Baru

Dengan mencoba melakukan kegiatan baru, maka pikiran Anda akan teralihkan dan tidak terlalu larut dalam kesedihan atas hilangnya orang terdekat. Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan agar stress hilang, misalnya seperti berkebun, memasak, traveling, berkemah, dan kegiatan positif lainnya.

Anda juga bisa mencoba hal baru yang memiliki sifat rutin, misalnya seperti belajar fotografi, memulai bisnis, belajar memasak, melanjutkan sekolah, dan hal baru lainnya.

8. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Agama memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Oleh sebab itu, bagi Anda yang beragama, mendekatkan diri kepada Tuhan adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi duka cita.

Anda dapat melakukan aktivitas spiritual yang meliputi, beribadah, berdoa, atau bermeditasi. Dengan beribadah, Anda akan menjadi lebih tenang dan optimis dalam menghadapi permasalahan hidup.

Setelah mengetahui cara mengatasi kesedihan karena kehilangan seseorang, maka Anda juga harus mengiringinya dengan doa-doa. Selain itu, Anda juga harus yakin bahwa ini adalah takdir yang sudah digariskan oleh sang pencipta.

Related Posts

Posting Komentar