Mudah! Inilah 4 Cara Mengatasi Self Esteem yang Rendah

Cara Mengatasi Self Esteem yang Rendah

Cara mengatasi self esteem yang rendah adalah sebuah keterampilan yang penting untuk dimiliki seseorang demi menjaga kualitas konsep dirinya. Mengapa? Karena self-esteem atau harga diri yang tidak sehat akan menghadirkan rasa rendah diri serta minder.

Sebenarnya perasaan rendah diri dan minder yang terkadang datang adalah sesuatu yang normal adanya. Akan tetapi rasa ini harus dapat Anda kendalikan agar tak berlarut-larut dan menjadi hal negatif yang merugikan.

Dalam ilmu psikologi, self-esteem merujuk pada cara unik individu untuk menghargai serta mengapresiasi konsep diri. Lantas bagaimanakah cara mengatasi self esteem yang rendah tersebut? Yuk simak uraian langkahnya dalam artikel ini.

    Karakteristik Self Esteem Rendah

    Sebelum mengupas lebih jauh cara mengatasi self esteem yang rendah, perlu dipahami dulu karakteristik seseorang yang mempunyai self esteem yang rendah. Seseorang dengan self esteem rendah memiliki ciri atau karakteristik sebagai berikut:

    • kurang percaya diri;
    • merasa tidak berharga atau rendah diri;
    • rentan terhadap kritik dan penolakan;
    • tidak memiliki keyakinan dalam kemampuan diri sendiri;
    • menghindari tantangan dan menghindari risiko;
    • mengalami kesulitan membangun sebuah hubungan yang sehat; dan
    • lebih mudah dipengaruhi oleh opini orang lain

    Tips Mengatasi Self Esteem Rendah

    Agar seseorang tak selalu merasa rendah diri sehingga mampu menjaga kualitas hubungannya dengan individu lainnya, maka dibutuhkan self-esteem yang tinggi. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjalankannya.

    1. Jauhi Toxic Person

    Meski awalnya minder atau rendah diri tak muncul pada seseorang, namun terkadang hal tersebut dapat terjadi dalam beberapa titik kehidupannya. Rasa negatif yang tiba-tiba muncul tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor.

    Salah satunya mungkin berasal dari individu lain yang ada di dalam lingkaran, misalnya teman kerja, rekan bisnis, tetangga atau lainnya. Oleh karena itu ketika seseorang merasa tak nyaman atau merasa khawatir berada dalam suatu lingkungan maka itu salah satu tanda ada kaum toxic.

    Cara paling efektif dan efisien adalah menjauhi individu tersebut karena jika tidak Anda lakukan maka akan timbul kesulitan menghargai diri.

    Meski tak memutuskan kontak secara frontal, Anda tetap harus menciptakan batasan agar intensitas pertemuan berkurang demi kesehatan mental tetap terjaga.

    2. Menantang Pikiran Negatif

    Cara mengatasi self esteem yang rendah juga dapat Anda lakukan dengan melakukan perubahan persepsi negatif terhadap diri sendiri.

    Metode sederhana dan mandiri untuk melakukannya adalah menulis berbagai pemikiran kritis terhadap diri sendiri. Atau bisa juga dengan berbicara pada diri sendiri seperti layaknya berbicara kepada sahabat atau teman dekat.

    3. Menerapkan Self-Care

    Metode peningkatan self-esteem juga dapat melalui self-care. Kegiatan yang bagi sebagian orang dianggap kegiatan berfoya-foya ini nyatanya merupakan aktivitas positif bagi kesehatan mental lho.

    Dengan kegiatan self-care yang baik maka akan dapat menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional serta menjauhkan dari berbagai hal negatif.

    Penerapan self-care yang baik juga akan dapat meningkatkan suasana hati, menghilangkan kecemasan, serta kunci membangun hubungan dengan orang lain.

    Beberapa kegiatan self-care sederhana yang dapat Anda lakukan misalnya memesan jasa pijat dan meni-pedi atau menonton film terbaru, dll. Cara mudah dan sederhana tersebut akan menjadi cara bagi Anda menyayangi dan menghargai diri.

    Selain self-care sederhana tersebut, lakukan juga self-care mendasar yang memberi efek positif langsung pada jiwa seperti:

    a. Stop Membandingkan!

    Berhenti membandingkan dengan orang lain adalah salah satu cara mengatasi self esteem yang rendah. Di zaman komunikasi digital seperti saat ini bahaya self-esteem rendah sangat potensial. Hal tersebut karena Anda seringkali hanya melihat hal positif milik orang lain.

    Padahal pada kenyataannya sangat sulit mendapat pandangan akurat tentang orang lain jika hanya berdasarkan tampilan online. Karena sudah kecenderungan seseorang untuk menampilkan sisi baiknya saja pada media online miliknya.

    b. Tak Ada yang Sempurna

    Membatasi diri dengan menekankan tak ada kesempurnaan di dunia ini juga dapat menjadi cara mengatasi self esteem yang rendah. Berhentilah menjatuhkan self-esteem Anda hanya karena ada impian dan target yang tidak tercapai.

    Berhentilah juga untuk hanya fokus pada kondisi fisik yang menurut Anda kurang sempurna. Misalnya memiliki bentuk hidung dan mata yang tak indah menurut Anda. Sebaliknya sibukkan pikiran pada manfaat lainnya yang masih sempurna Anda terima.

    c. Atur Tujuan Sesuai Kemampuan

    Cara mengatasi self esteem yang rendah berikutnya adalah menentukan tujuan atau keinginan secara realistis. Meski membangun mimpi setinggi mungkin bukan hal yang salah, akan tetapi jika hanya akan berpotensi menjatuhkan self-esteem, buat apa?

    Sadarilah bahwa perasaan pencapaian merupakan salah satu kunci mempertahankan kebanggaan diri. Oleh karena itu bijaklah dalam mengatur tujuan agar tak mengalami kegagalan yang akan berpengaruh pada self-esteem.

    d. Tantang Diri Sendiri

    Meski comfort zone adalah solusi kehidupan yang nyaman, namun terkadang menentang diri merupakan cara mengatasi self esteem yang rendah. Hal tersebut karena sejatinya comfort zone adalah solusi kehidupan untuk jangka pendek.

    Sedangkan secara jangka panjang akan berbahaya karena berada di comfort zone akan membuat Anda selalu terbiasa menghindari masalah. Padahal hidup pasti ada masalah dan cara terbaik adalah menghadapinya.

    Oleh karena itu menantang diri melakukan berbagai hal baru yang bermanfaat dapat menjadi ajang peningkatan self-esteem yang baik.

    e. Olahraga

    Cara mengatasi self esteem yang rendah juga dapat melalui berbagai kegiatan fisik olahraga. Hal ini telah terbukti melalui sebuah penelitian tahun 2016 yang menemukan kenyataan jika olahraga akan dapat meningkatkan self-esteem seseorang.

    Dengan melakukan kegiatan fisik secara teratur maka masalah kepercayaan diri akan dapat terkikis sedikit demi sedikit.

    f. Stop Tontonan Negatif

    Menghindari bahkan menghentikan berbagai tontonan negatif adalah juga dapat menjadi cara mengatasi self esteem yang rendah. Meski tak ada salahnya mengikuti berbagai perkembangan peristiwa terbaru, namun jika hal itu hanya meningkatkan kecemasan maka hentikanlah.

    Jenis tontonan dapat Anda alihkan pada model siaran yang menciptakan suasana dan pikiran positif. Misalnya melalui tontonan yang mengundang tawa, membawa suasana rileks dengan beragam musik dan lain-lainnya.

    g. Lakukan Self Talk

    Mulai sekarang jangan pernah meremehkan kekuatan dari self-talk, jika Anda memiliki masalah dengan self-esteem yang rendah. Self-talk ternyata terbukti memiliki pengaruh yang besar terhadap cara seseorang menghargai dirinya sendiri.

    Cara sederhana melakukan self-talk adalah mengganti kata-kata negatif dalam pikiran sendiri dengan kata lain yang memiliki derajat negatif lebih rendah. Misalnya, gantilah kata “sakit” dengan kata “tak nyaman”.

    Metode lainnya, mengubah pernyataan negatif yang terbesit dengan kata tanya. Misalnya kalimat “Tak ada kemungkinan aku akan diterima di perusahaan tersebut”, maka ubahlah menjadi “Apa yang bisa aku agar dapat bekerja di perusahaan tersebut?”.

    4. Mencari Tantangan Dengan Hobi Baru

    Langkah terakhir meningkatkan self-esteem adalah meningkatkan adrenalin untuk membangkitkan tantangan jiwa melalui hobi dan berbagai kegiatan positif. Hal tersebut secara tak langsung akan menjadi cara sederhana untuk menghargai diri sendiri.

    Bagaimana bisa? Karena kegiatan baru tersebut akan memberikan cara pandang baru terhadap diri Anda sendiri. Bahkan dengan menjalani hobi maka akan dapat membantu untuk mengurangi rasa stress dan meningkatkan kesehatan mental.

    Beberapa jenis hobi yang bisa Anda lakukan antara lain, berkebun, menyanyi, bercocok tanam, menari, menulis, atau memelihara hewan peliharaan.

    Nah itulah cara mengatasi self esteem yang rendah, selamat mencoba!

    Posting Komentar untuk "Mudah! Inilah 4 Cara Mengatasi Self Esteem yang Rendah"