NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Mengenal 12 Manfaat Media Pembelajaran

Mengenal 12 Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat media pembelajaran untuk memaksimalkan materi pelajaran agar siswa dapat memahami dengan baik. Dengan media pembelajaran yang tidak membosankan diharapkan siswa lebih cerdas dan mengerti secara detail materi tersebut.

12 Manfaat Media Untuk Pembelajaran

Sebagai pengajar, dibutuhkan kreativitas tanpa batas untuk membuat media pembelajaran yang sesuai materi ajar. Karakter siswa memang beragam, untuk itu butuh media agar siswa mudah paham, tidak bosan dan mengerti dengan detail.

Adapun manfaat media pembelajaran secara umum dapat menuangkan kreativitas dan akan berkembang untuk pembelajaran selanjutnya. Pengajar akan menemukan kreasi lain dengan menemukan titik ajar dengan media yang tepat bagi para siswanya.

Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat media pembelajaran bagi siswa di uraian berikut ini:

1. Proses Belajar Mengajar Semakin Menarik

Bagi siswa proses belajar akan menarik jika media pembelajaran yang digunakan tepat dan menyenangkan. Bayangkan saja jika belajar hanya berkutat dengan buku dan harus menjawab soal.

Pemahaman akan materi saja masih belum sempurna tapi harus mengerjakan soal yang sama sekali belum dipahaminya. Untuk itu dibutuhkan media yang beda dan lain daripada yang lain. Misalnya saja seperti pemberian berikut:

  • Dengan memperlihatkan video yang sesuai materi.
  • Melalui audio sehingga siswa tidak ngantuk dan bersemangat memahami materi.
  • Setelahnya dapat mendeskripsikan apa yang dilihat dan didengar.
  • Lebih konkrit dalam pengamatan materi.

2. Menjadi Fokus Perhatian

Media pembelajaran yang bagus menjadi pemusat siswa ketika mulai belajar. Contoh saat guru IPA atau biologi datang dengan membawa tanaman bunga yang indah. Pasti siswa bertanya-tanya untuk apa.

Semangat untuk lebih tahu dan penasaran apa yang akan diajarkan gurunya pada jam pelajaran tersebut. Hal baru seperti ini memberi dampak positif yang berbeda untuk setiap media yang berbeda pula.

3. Siswa Mudah Paham Materi

Menurut para ahli siswa akan mudah memahami materi yang diajarkan dengan media belajar yang tepat. Pembelajaran yang pas harus disesuaikan dengan materinya. Misalnya saja sebagai berikut:

  • Membawa peta besar atau globe untuk materi pelajaran IPS.
  • Membawa bangun ruang yang cocok untuk pelajaran matematika materi bangun ruang.
  • Membuat simulasi praktis dan langsung praktek saat budi pekerti.

Semua pembelajaran disesuaikan dengan kesukaan kekinian siswa sehingga materi terserap dengan baik.

4. Menggugah Empati dan Emosi Positif

Empati dan emosi positif dapat dimunculkan dengan melihat sebuah tayangan video. Perlihatkan media pembelajaran yang tepat agar empati dan emosi siswa tergugah ketika melihat tontonan edukasi.

Misalnya dengan video berupa empati pada seorang yang tidak lengkap secara jasmani dan bagaimana cara bersyukur. Hal ini mampu menggugah empati siswa bahkan guru dapat memaksimalkan pembelajarannya.

Manfaat media pembelajaran bagi siswa dan guru dapat dihadirkan dengan satu visual menarik. Kedekatan yang tercipta mampu menggugah empati dan sikap emosi positif siswa agar lebih peduli sesama dan lingkungan.

5. Proses Belajar Lebih Interaktif

Siswa akan bosan dengan duduk manis di bangku, mengerjakan soal dan mendengarkan guru menerangkan dalam jangka waktu lama. Pada umumnya siswa lebih suka berekspresi dengan melakukan hal baru dengan media pembelajaran istimewa.

Salah satunya dengan lebih kreatif dan memaksimalkan siswa mengutarakan pendapat atau melakukan aktivitas fisik sesuai materi ajar. Dengan demikian manfaat media pembelajaran lebih maksimal terserap oleh siswa.

6. Membangkitkan Motivasi Siswa

Bagaimana membangkitkan motivasi siswa yang kreatif? Contoh manfaat media pembelajaran dengan hal baru yang membuat kelas lebih hidup, misalnya:

  • Melakukan drama pendek dengan skenario langsung dibuat siswa lalu pentas di depan kelas.
  • Membuat jurnal singkat dengan langsung ke perpustakaan untuk mencari bahan atau wawancara langsung sesama teman.
  • Menggiatkan lingkungan bersih dengan secara langsung membersihkan lingkup kelas lalu membuat laporan singkat.

Akan lebih banyak hal kreatif tercipta jika media pembelajaran dibuat atau dikreasikan dengan tidak hanya duduk manis di dalam kelas.

7. Siswa Mampu Melihat Pemahaman Materi Lebih Luas

Dengan jenis media pembelajaran yang beragam sesuai materi pelajaran siswa lebih terbuka wawasannya. Pemahaman siswa akan lebih luas karena medianya beragam misalnya:

  • Mampu membaca diagram atau bagan secara langsung.
  • Dapat mengorganisasikan materi kepada siswa dengan pemahaman maksimal.
  • Memberi kemudahan siswa untuk lebih kreatif pada materi yang sesuai.

Materi yang didapat bukan hanya dari pelajaran biasa saja tapi mampu mendapatkan lebih luas informasinya.

8. Memahami Pelajaran Lebih Konkret

Secara umum, banyak materi pembelajaran yang terkesan abstrak untuk dipahami siswa. Untuk itu perlu adanya media pembelajaran yang tepat dan pas untuk pemahaman materi lebih konkret.

Tentu saja dengan kreativitas guru, siswa akan memahami lebih mudah jika media belajar dibuat sekreatif mungkin. Dengan demikian pembelajaran akan menyenangkan dan siswa tidak hanya sambil lalu saja memahami materinya.

9. Siswa Lebih Respon

Penyampaian materi yang menyenangkan akan direspon dengan baik oleh siswa. Terlebih lagi dengan hal baru yang dibuat gurunya untuk lebih kreatif. Respon ini merangsang siwa menciptakan ide baru yang kadang tak terpikirkan sama sekali.

Respon cepat dan tanggap di kemudian hari akan membentuk kepribadian siswa lebih mandiri. Selain itu siswa mampu memiliki jenis pencarian solusi lebih tepat guna.

10. Memaksimalkan Minat Bakat

Hal terpenting di poin ke 10 dalam pembelajaran kreatif adalah bermanfaat untuk memaksimalkan minat dan bakat siswa. Setiap pembelajaran yang disukai, dapat dimaksimalkan dengan lebih fokus akan hal tersebut.

Manfaat media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian siswa di kancah dunia kerja kedepannya. Dengan minat bakat yang ditekuni sejak dini maka hasilnya lebih detail dan optimal di kemudian hari.

11. Efisien Waktu

Bagi siswa dan guru manfaat adanya media pembelajaran ini adalah efisiensi waktu. Untuk siswa sendiri lebih mudah memahami materi pelajaran dan terserap di otak. Bagi guru jika telah menemukan simulasi tepat akan pembelajarannya lebih mudah menerangkan ke siswa.

Tentunya akan terjadi efisiensi waktu karena pemahaman materi gampang untuk siswa. Pengurangan waktu dalam pembelajaran dapat digunakan untuk kreativitas dan ide baru dari para siswa atau guru sendiri.

12. Kualitas Siswa Meningkat

Media pembelajaran akan meningkatkan kualitas siswa. Bisa dikatakan adanya pembelajaran dan hal baru akan menciptakan suasana dan semangat baru bagi siswa untuk lebih kreatif akan ide baru. Siswa mampu menyerap pelajaran lebih utuh.

Penutup

Dapat dikatakan media pembelajaran adalah sumber belajar agar pengajar atau guru lebih mudah menyampaikan materinya. Materi ajar yang rumit sebetulnya sederhana dipahami siswa dengan adanya media pembelajaran yang baru dan kreatif.

Manfaat media pembelajaran lebih maksimal pencapaiannya jika dilakukan secara kontinyu. Dengan demikian kualitas siswa serta pendalaman materi dapat dioptimalkan. Jadi bagaimana, kini tidak ragu lagi kan untuk memberi media pembelajaran ke siswa?

Related Posts

Posting Komentar