NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Contoh Pola Asuh Orang Tua yang Buruk dan Dampaknya

Contoh Pola Asuh Orang Tua yang Buruk

Pola asuh yang buruk bagi orang tua sangat membentuk karakteristik anak saat dewasa. Hal itu membuat anak melakukan hal yang sama untuk calon anaknya nanti. Pada artikel kali ini kita akan membahas contoh pola asuh orang tua yang buruk dan dampaknya.

Pola asuh yang buruk ini akan berlaku terus turun temurun nantinya. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus menghindari pola asuh yang salah tersebut. Bagaimana cara mengidentifikasinya?

Contoh Pola Asuh yang Buruk

Berikut ini adalah pola asuh yang sebaiknya dihindari oleh para orang tua:

1. Terlalu Banyak Memuji

Untuk menghargai anak, memuji itu penting. Namun, terlalu banyak memuji juga tidak baik. Anak akan merasa besar kepala akibat dipuji terus menerus.

Akibatnya anak merasa malas untuk melakukan sesuatu tanpa pujian. Lalu anak di masa depan menjadi anak yang haus akan pujian.

2. Terlalu Dimanja

Memanjakan anak itu perlu sesekali, tetapi jangan sering-sering untuk memenuhi semua yang mereka inginkan. Apabila anak selalu dipenuhi keinginannya, di masa depan mereka menjadi suka memaksa.

Selain suka memaksa, contoh pola asuh orang tua yang buruk ini membuat anak merasa sulit merasa puas dengan hasil yang ada.

3. Terlalu Bebas

Orang tua yang sering membebaskan anak membuat anak tidak tahu batasan. Mereka juga berpotensi untuk terjerumus pertemanan yang tidak baik.

Pentingnya orang tua dalam memberi aturan kepada anak, dengan tujuan yang jelas bisa menghindari ini.

4. Mengabaikan Anak

Biasanya anak ingin diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Pengabaian ini termasuk ke dalam pelecehan anak. Dengan diabaikan, perkembangan sosial mereka, dan kesehatan mental anak dapat terganggu.

Membiarkan mereka tanpa pengawasan, tidak mengapresiasi prestasi anak, tidak diperhatikan, itu adalah beberapa contoh dari bentuk pengabaian pada anak.

5. Berlaku Tidak Adil

Ini yang terkadang membuat anak merasa orang tua pilih kasih kepada saudaranya. Orang tua yang secara terang-terangan atau tidak langsung menyukai salah satu anak mereka, akan membuat anak lainnya merasa iri.

Kadang orang tua tidak sadar kalau mereka berperilaku tidak adil kepada anaknya. Dampaknya nanti sang anak memiliki kecemburuan terhadap saudaranya.

6. Tidak Percaya Anak

Contoh pola asuh orang tua yang buruk selanjutnya adalah ketidakpercayaan orang tua kepada anaknya. Biasanya alasan orang tua tidak percaya kepada anak karena mereka masih terlalu kecil.

Akan tetapi, orang tua perlu tahu kalau hal tersebut bisa menyebabkan anak nantinya memberontak, dan melakukan hal-hal lainnya yang seharusnya tidak dilakukan. Atau mereka nanti memiliki motivasi yang rendah.

Dampak Dari Contoh Pola Asuh yang Buruk

Contoh pola asuh sangat berdampak kepada pembentukan karakter anak, bagaimana anak bisa bersosialisasi dengan lingkungannya, dan menurunkan pola asuh yang sama ke calon anaknya di masa depan.

Oleh karena itu, ada beberapa dampak yang timbul akibat kesalahan pola asuh:

  • Anak memiliki emosi yang kurang matang
  • Kesusahan dalam mengelola emosi pada anak
  • Tidak bisa mengambil keputusan dengan baik
  • Anak tidak bisa memecahkan masalah
  • Terkucilkan oleh teman sebaya
  • Tidak mendapatkan teman karena kurang dalam bersosialisasi
  • Perkembangan fisik anak terganggu
  • Anak selalu merasa takut
  • Anak yang tidak bertanggung jawab

Masih banyak dampak yang ditimbulkan dari pola asuh yang buruk pada anak. Dari contoh pola asuh orang tua yang buruk pada anak, sebaiknya kita sebagai calon orang tua menghindari hal tersebut.

Related Posts

Posting Komentar