Manfaat Self Reward Untuk Diri Sendiri Beserta Contohnya

Manfaat Self Reward Untuk Diri Sendiri

Sebagian orang masih berpendapat jika self reward adalah sebuah aktivitas kamuflase untuk menyamarkan kegiatan foya-foya dan konsumtif. Pendapat ini muncul karena masyarakat belum banyak yang paham akan pentingnya self reward untuk diri sendiri.

Selain itu dari sejarah pengasuhan sebagian besar masyarakat di tanah air, aktivitas ini tak pernah ditemukan. Sehingga ketika aktivitas self reward ini mulai menggaung banyak yang menganggap jika ini adalah suatu bentuk lain dari berfoya-foya.

Artikel ini akan mencoba mengupas tentang pentingnya self reward untuk diri sendiri sebagai sarana penghargaan diri untuk meminimalisir hal negatif. Selain itu akan diuraikan juga tentang tips serta contoh membuat self reward sederhana.

Mari Kenali Apa Itu Self Reward

Self reward adalah istilah yang mengarah pada aktivitas untuk memberikan apresiasi atau penghargaan bagi diri sendiri. Kegiatan ini biasanya akan seseorang lakukan pada saat berhasil melewati suatu perjuangan. Atau justru untuk mengapresiasi diri atas pencapaian yang diraih.

Tak seperti anggapan awam jika self reward = foya-foya, kegiatan apresiasi diri itu sebenarnya tak harus berbentuk kemewahan layaknya orang berfoya-foya. Memberi penghargaan pada diri sendiri bisa melalui hal sederhana.

Self reward memang sebuah istilah baru dalam dunia psikologi. Namun kehadiran istilah baru bukan berarti bentuk aktivitas ini tak pernah ada sebelumnya. Sebab penghargaan diri adalah sebuah mekanisme pertahanan diri yang dimiliki setiap orang sejak lahir.

Namun meski self reward sangat penting akan tetapi perlu ada penekanan pada kegiatan tersebut agar tak kebablasan. Artinya pentingnya self reward untuk diri sendiri tak dijadikan sebagai kedok untuk berperilaku konsumtif yang justru akan sangat merugikan.

Apa Sajakah Manfaat Self Reward?

Pentingnya self reward untuk diri sendiri membawa dampak bagi diri seseorang yang begitu besar. Dari kacamata psikologi, self reward merupakan salah satu bentuk penghargaan terampuh bagi individu yang berhasil menyelesaikan suatu target hidup.

Secara lebih detail berikut manfaat atas pentingnya self reward untuk diri sendiri:

1. Upaya Menghargai Diri Sendiri

Manfaat pertama dari kegiatan self reward adalah bentuk nyata untuk menghargai diri sendiri. Jika saja semua usaha dan jerih payah orang lain harus mendapatkan penghargaan, maka hal yang sama juga harus ada pada diri sendiri.

Sayangnya banyak individu yang melupakan hal ini. Padahal dengan berterima kasih pada diri sendiri maka akan mampu meningkatkan self-esteem menjadi lebih tinggi.

2. Penekan Stress + Penyemangat

Menghadiahi diri sendiri juga dapat menjadi penyemangat sekaligus penghilang stress yang ampuh setelah melewati suatu tahapan kehidupan. Dengan memberikan hadiah, meski sederhana maka kesehatan mental seseorang dapat tetap terjaga.

3. Pendorong Pribadi Positif

Pentingnya self reward untuk diri sendiri adalah karena dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi diri seseorang. Yaitu akan mendorong dirinya untuk bersemangat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih positif.

Dengan suntikan motivasi yang membuat berpikir positif, maka seseorang akan jadi lebih mudah bahagia sekaligus kuat menghadapi ujian kehidupan selanjutnya.

Cara Membuat Self Reward Sederhana

Bentuk self reward itu bebas. Namun ada beberapa cara yang dapat menjadi panduan agar Anda mampu menciptakan self reward yang efektif meski sederhana, yaitu:

1. Buat Daftar Pencapaian Diri

Langkah pertama untuk membuat self reward adalah buatlah daftar atas apa-apa dalam hidup yang ingin Anda raih. Dengan melakukan hal ini maka tujuan hidup akan menjadi jelas, terarah serta sekaligus terukur.

Selain itu Anda juga akan memiliki kontrol atas apa yang harus dilakukan sehingga semakin bersemangat dalam menjalani hidup.

2. Tentukan Bentuk Self reward Dari Awal

Tahapan selanjutnya adalah menentukan hadiah bagi diri Anda sendiri pada saat telah mampu untuk mencapai tujuan yang telah terencana sebelumnya. Dengan memiliki tujuan serta hadiah-hadiah pribadi, tentu saja harapannya Anda akan menjadi lebih semangat meraih semua target.

3. Batasi Self Reward Dengan Realistis

Pentingnya self reward untuk diri sendiri memang sudah tak perlu Anda ragukan. Akan tetapi pada saat menentukan bentuk hadiah bagi diri tersebut Anda harus realistis serta ada batasan anggaran.

Mengapa? Agar kegiatan self reward ini tak justru menjadi pemicu depresi karena tak dapat Anda realisasikan. Atau juga malah menjadi ajang foya-foya karena self reward yang Anda tentukan terlalu mahal.

Sebaiknya, camkan pada diri jika self reward ini hanyalah sarana penyemangat serta pemantik kobaran kesenangan. Jadi bukan menjadi hal utama dalam tahapan kehidupan Anda.

4. Self Reward Harus Berjarak

Artinya ada batasan waktu pemberian self reward. Meski penting namun hindarilah memberikan self reward pada diri sendiri secara terus-menerus. Selain terlalu memanjakan diri, hal tersebut juga akan mengurangi motivasi pada berbagai target hidup lainnya.

5. Tahu Kapan Harus Berhenti

Membuat self reward juga berarti Anda tahu mengetahui batasannya. Anda paham pada kondisi kapankah saat harus lanjut berjuang, istirahat sejenak atau malah berhenti.

Jangan hanya karena ingin mengejar self reward, tantangan yang terlihat sudah tak mungkin diraih malah Anda paksakan.

Contoh Self Reward Sederhana

Pentingnya self reward untuk diri sendiri yang Anda pahami dapat diwujudkan ke dalam berbagai hal nyata, semisal contoh berikut:

1. Sediakan Masa Untuk Me Time

Di atas telah diuraikan dengan jelas jika penghargaan diri bisa berbentuk apa saja. Namun Anda harus jeli memilih dan memilahnya agar hadiah tersebut dapat bermanfaat bagi tujuan hidup selanjutnya.

Jadi self reward yang Anda rencanakan tak harus selalu berupa suatu benda. Andai dalam pencapaian suatu tujuan tersebut kekuatan fisik menjadi sangat terkuras, maka self reward terbaik adalah beristirahat dan melakukan me time.

Misalnya dengan bermain game, menonton film, membaca buku, olahraga atau berbagai kegiatan yang Anda sukai.

2. Lakukan Liburan

Self reward juga dapat Anda wujudkan menjadi sebuah acara liburan, entah seorang diri atau mengajak orang-orang terdekat atau keluarga. Kegiatan liburan sendiri sudah akan bisa meningkatkan kesehatan mental karena mampu mengurangi depresi dan kecemasan.

Nah apalagi jika liburan tersebut merupakan bentuk penghargaan diri, maka akan mampu untuk meningkatkan suasana hati. Sebab telah menjauhkan dari aktivitas serta lingkungan yang terkait dengan sumber stres serta kecemasan.

3. Manjakan Diri Dengan Berbelanja

Contoh sederhana dari self reward adalah berbelanja. Namun agar aktivitas belanja ini tidak menjerumuskan Anda pada hal negatif lainnya, maka buatlah batasan pribadi yang akan harus ditaati.

Aturan tersebut antara lain berupa pembatasan jumlah dana, pembatasan waktu belanja serta pembatasan kegiatan aktivitas sekaligus waktu.

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya self reward untuk diri sendiri dalam kaitan pencapaian hidup seseorang. Gunakanlah tips pembuatan self reward di atas dengan bijak serta tetaplah fokus pada tujuan yang sebenarnya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Self Reward Untuk Diri Sendiri Beserta Contohnya"