Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual dengan Latihan Otak

Meningkatkan Kecerdasan Intelektual dengan Latihan Otak

Kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient atau IQ) adalah istilah umum untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berfikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Cara mengidentifikasi kecerdasan intelektual dapat diukur dengan mengunakan tes IQ. Namun demikian, sesuai dengan perkembangan ilmu psikologi, para ahli mulai meninggalkan angka sebagai ukuran kecerdasan seseorang.

Kecerdasan intelektual lebih banyak diturunkan dari orang tua, tetapi kecerdasan ini dapat dilatih dan dikembangkan agar meningkat. Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan intelektual?

Vendy (2014) mengemukakan bahwa, kecerdasan intelektual adalah kecerdasan berfikir dan otak cemerlang yang mengelola otak kanan dan otak kiri secara berimbang. Sehingga cara melatih mengembangkan kecerdasan intelektual, salah satunya dengan latihan otak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

Banyak orang yang berpikir bahwa orang-orang cerdas itu dilahirkan karena keturunan, dan tidak bisa dibuat. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, karena ada banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan tingkat kecerdasan intelektual Anda .

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kecerdasan intelektual Anda.

1. Membaca

Membaca adalah salah satu cara untuk memperoleh informasi. Jadi, untuk meningkatkan kecerdasan Anda, Anda harus mencoba untuk terus membaca.

Bacalah buku-buku informasi atau bahan lain yang memberikan wawasan tentang topik-topik tertentu. Bacalah juga tulisan-tulisan yang membahas perbedaan pandangan atau pendapat seseorang, kemudian cobalah untuk membuat sudut pandang yang berbeda menurut Anda.

Ini akan membantu Anda meningkatkan cara berpikir kritis dan juga meningkatkan penalaran dan pemahaman.

2. Olahraga

Berolahraga secara teratur tidak hanya memberikan Anda tubuh yang sehat, tetapi juga dapat memberikan kesehatan mental yang lebih baik.

Setiap bagian dari tubuh kita membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik, dan olahraga secara teratur membantu mengatur jumlah oksigen dalam tubuh kita.

Otak merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang memerlukan sejumlah besar oksigen. Jadi, jika kita berolahraga secara teratur, kita memberi makan otak kita dengan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh otak kita, dan membantu agar otak berfungsi dengan baik.

3. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup, atau tidur malam yang baik dapat membantu tubuh dan otak Anda menjadi rileks setelah seharian bekerja.

Otak kita seperti mesin bermotor, perlu perawatan yang tepat dan pemeliharaan sehingga dapat berfungsi secara efisien dan efektif, dan tentu saja mencegah kerusakan.

4. Mendengarkan musik klasik

Penelitian menunjukkan bahwa, mendengarkan musik klasik karya Mozart misalnya, dapat membantu atau sebagai cara meningkatkan kecerdasan intelektual, atau komposisi klasik lainnya juga dikatakan memiliki efek yang sama.

Jadi, ketika Anda sedang membaca atau melakukan tugas-tugas mental yang menantang, cobalah untuk mendengarkan beberapa musik klasik. Ini akan membantu Anda melakukan lebih baik, dan juga dapat membantu Anda meningkatkan kecerdasan Anda dalam jangka panjang.

5. Bermain logical game

Bermain game, seperti catur, Sudoku, teka-teki, atau permainan lain yang sejenis, dapat membantu meningkatkan logika Anda.

Bermain game jenis ini membantu Anda memiliki pikiran yang lebih kritis dan meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman.

Hal ini akan membantu Anda meningkatkan kecerdasan Anda, karena Anda terbiasa memproses sejumlah besar informasi dalam waktu yang singkat.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual dengan Latihan Otak

Otak Anda membutuhkan latihan seperti tubuh Anda yang lain. Jika Anda tidak latihan, itu akan melemah karena kurangnya digunakan.

Berolahraga otak meningkatkan kekuatan mental dan menciptakan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang, seperti konsentrasi yang lebih baik dan meningkatkan memori, kejelasan mental berkelanjutan dan cadangan otak yang dapat melindungi Anda dari ancaman potensial dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer .

Berikut adalah cara melatih mengembangkan kecerdasan intelektual dengan lima latihan otak.

1. Melamun

Sementara beberapa orang mungkin menganggap melamun membuang-buang waktu, itu benar-benar membantu dalam mengurangi stres mental dan menginduksi sikap positif.

Visualisasi harapan dan impian dapat membuat Anda siap untuk menghadapi tugas-tugas baru.

2. Bermain permainan papan

Ketika Anda terjebak untuk memecahkan masalah di tempat kerja atau di sekolah, mengambil istirahat untuk bermain papan permainan cepat dapat membantu mengungkap pikiran Anda.

Anda tidak harus menyelesaikan pertandingan tetapi cukup memainkannya sampai pikiran Anda merasa fresh kembali.

Dengan menempatkan diri Anda dalam situasi yang berbeda dan menghadapi tantangan baru, Anda mendapatkan perspektif baru yang dapat Anda gunakan untuk memecahkan masalah lama.

3. Bermain game komputer

Latihan otak berbasis komputer memungkinkan Anda berpartisipasi dalam kegiatan yang berbeda. Ketika Anda bergerak menuju ke tingkat berikutnya, Anda menghadapi tantangan yang lebih besar dan lebih keras.

Hal ini merangsang pikiran Anda untuk menghasilkan ide-ide baru dan mengeksplorasi lebih banyak kemungkinan untuk sampai pada solusi.

4. Lakukan latihan fisik

Terlibat dalam aerobik, yoga atau olahraga akan membantu menjaga dengan baik kesehatan mental Anda. Latihan fisik mempengaruhi pembentukan neuron baru di otak kita.

Berolahraga juga membantu Anda tetap fokus pada tujuan tertentu dan menciptakan strategi baru terutama dalam pelatihan untuk kegiatan olahraga terkait.

5. Bersosialisasi

Salah satu latihan otak terbaik adalah bercakap-cakap dengan orang lain. Berinteraksi dengan orang yang berbeda setiap hari memberi Anda informasi baru dan menciptakan berbagai skenario dalam pikiran Anda untuk bereaksi.

Berbicara dengan seseorang menempatkan pikiran Anda untuk bekerja dalam mencari dan mengolah informasi yang dapat Anda pergunakan untuk berkomunikasi.

Dengan stimulasi otak, Anda akan memperkuat kekuatan otak Anda. Latihan otak membuat pikiran Anda tetap tajam dan terfokus untuk mengatasi setiap kompleksitas yang datang dengan cara-cara Anda.

Latihan otak sebagai cara meningkatkan kecerdasan intelektual dilakukan untuk mengasah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas mental berfikir, menalar, dan memecahkan masalah.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual dengan Latihan Otak"