NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Anak Indigo: Ciri-Ciri dan Tips untuk Mengasuhnya

Ciri-ciri Anak Indigo

Anak indigo memang sering dikaitkan dengan anak yang berkemampuan metafisik. Namun, sebenarnya istilah indigo ini lebih mengacu pada anak yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi. Selain itu, kemampuan sensoriknya pun melebihi orang normal.

Anak ini memang memiliki keistimewaan, namun memang terkadang tidak menyadari akan hal tersebut ada padanya.

Pada umumnya, anak tersebut akan semakin sadar ketika sudah mulai beranjak dewasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda melihat ciri-ciri yang menjadi tanda bahwa anak Anda adalah indigo.

Ciri-Ciri Anak Indigo

Anak indigo dapat menunjukkan ciri-ciri yang berbeda dari anak lainnya yang seumuran. Hal ini mungkin saja akan menjadi sebuah tantangan bagi anak itu sendiri.

Namun, memang seharusnya orang tua tetap memberikan pendampingan agar anak tidak merasa sendirian. Sebab, anak yang memiliki sensitivitas tinggi ini terlahir spesial.

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri anak indigo yang perlu Anda ketahui.

1. Idealis dan Kritis

Ciri pertama dari anak yang indigo adalah idealis dan kritis. Anak dengan kemampuan lebih ini sangat percaya diri terhadap kemampuan yang ia miliki.

Untuk itu, anak super sensitif ini cenderung lebih idealis dalam mengerjakan hal yang anak sukai. Anak tersebut pun akan memiliki ekspektasi yang tinggi untuk dirinya dan orang lain.

Namun, hal ini terkadang membuat sang anak sulit bekerja bersama dengan orang lain. Hal ini karena anak tersebut memiliki keyakinan yang keras.

Sering kali, anak indigo ini akan terlalu kritis dan menuntut, karena prinsipnya yang begitu kuat. Hal inilah yang membuat anak spesial ini lebih cenderung sulit bergaul dengan orang lain.

Sifatnya yang kritis membuat anak-anak yang indigo ini sering mempertanyakan banyak hal yang ada di sekitarnya. Malah, seringnya pertanyaan yang ia ajukan seperti orang dewasa.

2. Pemikir

Melihat fakta bahwa anak dengan kelebihannya ini terlahir idealis dan berpikiran sangat kritis. Maka, hal tersebut juga membuat sang anak mampu berpikir secara lebih mendalam.

Anak yang sangat spesial ini berpikir tentang banyak hal, termasuk dengan pertanyaan mengenai dirinya dan hubungan sosialnya dengan sekitar.

Anak yang indigo memiliki pemikiran yang berbeda dari orang pada umumnya. Kebanyakan, anak dengan tingkat sensitivitas tinggi ini memiliki dorongan yang kuat untuk menemukan tujuan dalam hidupnya.

Namun sayangnya, pemikiran yang keras dan mendalam tersebut malah membuat anak indigo rentan mengalami sakit kepala hingga mengalami gangguan sistem pencernaan.

3. Terlahir dengan Empati

Anak yang indigo tidak bisa memahami mengapa ada orang yang bersifat dingin. Sebab, anak tersebut terlahir dengan empati yang kuat.

Anak seperti ini juga tidak memiliki kemampuan untuk memperlakukan orang lain dengan buruk. Rasa empati ini berasal dari kepekaannya yang sangat kuat.

Namun, terkadang hal ini malah bisa menyebabkan masalah dalam situasi tertentu. Pada dasarnya, ciri dari anak berkemampuan spesial ini adalah memiliki perasaan yang begitu halus dan sensitif.

4. Mengetahui Hal yang Akan Terjadi

Ciri lain dari anak spesial yang satu ini adalah dapat mengetahui hal yang akan terjadi. Anak berkemampuan khusus ini juga tanggap dan bisa segera memahami apabila terjadi sesuatu yang salah.

Bahkan, anak ini bisa memahami apabila terjadi kejanggalan hanya dari bahasa tubuh lawannya saja. Ia juga bisa mengetahui masa lalu dari seseorang hanya dengan melihatnya dari orang tersebut.

Anak indigo ini juga memiliki pikiran yang terbuka dan sangat tertarik dengan topik yang orang lain anggap tabu.

Selain itu, ia juga senang belajar tentang penjelasan lain untuk dunia yang ada di sekitarnya. Hal ini bisa terjadi karena keingintahuannya yang besar, dan kepekaannya yang tinggi.

Selain itu, ciri lain dari anak yang indigo adalah pemberontak, memiliki teman khayalan, cerdas, dan mudah merasa bosan.

Nah, bagi Anda yang memiliki anak seperti ciri-ciri yang sudah disebutkan, maka berikut ini beberapa tips untuk mengasuhnya.

Tips Mengasuh Anak Indigo

Anak dengan sensitivitas tinggi ini memang kerap dikaitkan dengan anak yang berkemampuan metafisik. Namun, sebenarnya istilah anak yang indigo ini lebih mengacu pada anak yang memiliki tingkat sensitif cukup tinggi.

Selain itu, anak spesial ini juga memiliki kemampuan sensorik yang melebihi orang normal.

Wendy H. Chapman mengatakan bahwa anak indigo biasanya memiliki karakteristik yang sangat unik. Hal inilah yang membedakan anak-anak ini dari anak-anak generasi sebelumnya.

Anak berkemampuan metafisik ini merupakan generasi baru yang sangat berbakat dalam satu atau lebih cara. Terlebih pada tingkat pemahaman spiritual yang lebih tinggi sejak awal.

Namun sayangnya, anak-anak indigo ini lebih sering memberontak. Selain itu, anak-anak ini juga sangat sensitif secara emosional, rapuh, serta sangat berbakat di bidang akademis, dan metafisik.

Oleh karena itulah, anak-anak ini lebih sering dilabeli dengan ADD (Attention Deficit Disorder). Jadi bisa dikatakan bahwa mengasuh anak spesial ini menjadi tantangan tersendiri.

Lantas, bagaimana cara mengasuh anak yang memiliki sensitivitas tinggi seperti ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. Berikan Dukungan

Memahami anak berkemampuan lebih itu memang sangat sulit, terlebih jika orang tuanya sendiri adalah orang normal. Nah, yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan pada anak.

2. Jangan Memanipulasi Anak

Jangan pernah Anda memanipulasi anak indigo. Hal itu tidak akan berhasil. Orang tua jangan menggunakan rasa bersalah, takut, maupun rasa benci sebagai alat pengendali anak.

Jika orang tua melakukan sebuah kesalahan pada anak tersebut, maka akuilah jika memang Anda salah.

3. Beri Pilihan dan Ruang untuk Anak

Semua orang tua tentunya perlu menghormati pilihan dari anaknya. Tanpa terkecuali juga pada anak yang indigo.

Orang tua juga perlu memberikan anak pilihan dan kebebasan untuk berkembang. Namun, jangan lupa juga untuk tetap kebebasan tersebut dengan pengawasan dan batasan.

4. Lebih Terbuka Pada Anak

Orang tua juga perlu jujur dengan anak yang indigo. Anda boleh mengatakan kecemasan terhadap apa yang anak Anda lihat. Namun, cobalah untuk menghargai keterampilan psikis yang sedang anak kembangkan, meski Anda tidak memahaminya.

5. Bersikaplah Adil

Bersikaplah adil dan konsisten. Jika memang anda mengatakan tidak, maka pastikan bahwa Anda juga memiliki alasan yang tepat.

Selain itu, ceritakan pula apa alasannya dan jelaskan mengapa anak tidak boleh melakukan hal itu lagi. Berilah anak Anda penjelasan yang lengkap hingga ke tingkat yang bisa mereka pahami.

Dan yang paling penting adalah jangan pernah merendahkan anak indigo. Selain itu, anak yang indigo ini memiliki pemikiran yang idealis dan mendalam, sehingga terkadang akan sulit menjadi lebih rileks.

Nah, bagi Anda yang memiliki anak yang indigo, maka Anda bisa mengajaknya untuk bersantai dalam beberapa waktu.

Tujuannya adalah agar anak bisa menikmati momen yang sangat berharga tersebut. Dengan begitu, maka anak juga akan lebih rileks untuk belajar lebih memahami sekitarnya.

Dan inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Mulai dari ciri-cirinya, hingga bagaimana cara mengasuh anak yang memiliki bakat lebih tersebut.

Related Posts

Posting Komentar