NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Apakah Bahaya Insecure Pada Remaja? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bahaya Insecure Pada Remaja

Remaja adalah salah satu makhluk yang memiliki tingkatan pikiran labil sebab saat itulah masa-masa seseorang sedang mencari jati diri. Di masa ini pula seorang remaja akan merasakan kelabilan yang sungguh menyesakkan. Bahkan bisa jadi kelabilan tersebut menjerumuskan ia ke jalan yang salah.

Tidak hanya labil, namun remaja juga bisa merasakan ketakutan. Mereka takut sebab apa yang ada di pikiran mereka adalah dunia yang menyebalkan. Bahkan bisa jadi masalah sepele saja ikut berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu remaja adalah masa di mana seorang anak memiliki keinginan untuk meniru orang lain. Orang yang mereka tiru bermacam-macam. bisa orang tua, guru, teman, bahkan mungkin idola yang mereka kagumi.

Namun dalam masa ini mereka akan merasa bahwa mereka memiliki kekurangan yang orang lain tidak miliki. Kekurangan, pikiran yang labil, hingga ketakutan tersebut menggiring rasa insecure pada remaja. Sebenarnya apa itu insecure? Apakah insecure berbahaya bagi remaja? Bagaimana cara mengatasi insecure? Yuk simak artikel di bawah ini.

Apa itu Insecure pada Remaja?

Insecure adalah sebuah istilah dalam dunia psikolog yang mendefinisikan rasa takut, cemas, dan malu. Mu’awanah menjelaskan bahwa insecure adalah rasa takut yang muncul pada diri seseorang akibat tidak dapat mempercayai dirinya sendiri (2017).

Perasaan satu ini wajar tiap orang miliki, sebab manusia memang tidak sempurna. Namun terkadang beberapa orang terlalu larut dalam ketakutannya sendiri dan mengakibatkan rasa insecure muncul berulang-ulang hingga susah untuk dihilangkan.

Perasaan insecure sering muncul pada remaja, sebab masa inilah seseorang akan mencari jati diri sekaligus ingin apa saat mereka dewasa nanti. Apabila Anda memiliki seorang anak yang tumbuh remaja, Anda harus sering memeriksa keadaan anak Anda dan membantu mereka mengurangi rasa insecure.

Bahayakah Rasa Insecure pada Remaja?

Berbicara tentang insecure memang tidak ada habisnya. Sebab perasaan ini dapat menyerang siapa saja dan di mana saja. Untuk Anda yang sudah dewasa, Anda pasti merasa lebih mampu untuk mengatasi rasa insecure sebab ada lebih banyak hal yang harus Anda perhatikan daripada perasaan takut tersebut.

Namun bagi remaja, perasaan insecure akan terkubur dan membuat mereka stuck. Bahkan bisa jadi mereka akan merasa kekurangan dan tidak dapat melihat kemampuan yang mereka miliki. Jika ini berlarut bisa berakibat terjadi gangguan mental pada remaja.

Perasaan insecure yang mereka hadapi bisa membahayakan diri mereka apabila mereka tidak dipahami orang dewasa. Namun terkadang tidak semua orang terdekat memahami perasaan insecure dan menyepelekan perasaan ini. Apabila Anda merasakan gejala insecure pada remaja di dekat Anda, bantulah mereka sehingga dapat mengatasi rasa insecure.

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Insecure?

Insecure dapat remaja atasi dengan cara menelisik ke dalam diri sendiri. Para remaja harus diberikan konsep bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan berbeda-beda. Anda juga harus menjelaskan pada mereka bahwa setiap orang memiliki keahlian masing-masing. Tidak perlu memikirkan orang lain yang begini dan begitu.

Setiap remaja harus melihat ke dalam dirinya sendiri, sembari mencoba mencari tahu apa keahlian mereka. Insecure dapat diatasi apabila mereka menyadari betapa berharganya mereka.

Kemudian ajarkanlah pada mereka untuk fokus kepada diri sendiri dan tidak perlu terlalu memikirkan orang lain. Sebab dengan menyadari betapa berharganya mereka, para remaja pasti bisa mengatasi rasa insecure dan melanjutkan hidup tanpa kecemasan dan ketakutan.

Yuk Singkirkan Rasa Insecure Pada Remaja!

Nah! Anda telah mengetahui pentingnya mendalami diri dan mencari tahu keahlian diri. Sebab rasa insecure tidak akan bisa hilang kecuali mereka sendiri yang sadar. Dengan membantu mereka mencintai diri, maka rasa insecure pasti bisa dihadapi dan diatasi.

Related Posts

Posting Komentar