Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking

Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking adalah sebuah pekerjaan rumah yang cukup sulit bagi sebagian orang. Namun dengan berbagai tips berbicara di depan umum agar tidak grogi bisa mendorong rasa percaya diri seseorang.

Berbicara dihadapan orang banyak atau public speaking bagi sebagian orang merupakan hal yang biasa, mudah, karena mereka tahu bagaimana cara berbicara di depan umum dengan lancar.

Namun, banyak juga yang merasa kesulitan ketika harus berbicara di depan umum karena kurang percaya diri. Sehingga dibutuhkan cara mengatasi kurang percaya diri dalam berbicara agar mereka menjadi lebih berani ketika harus maju ke depan dan berbicara dihadapan orang banyak.

Sebenarnya bagi mereka yang mahir public speaking, keterampilan tersebut juga tak langsung didapatkan. Ada beberapa langkah atau tahapan yang harus dilalui sehingga menjadi terampil dan mahir berbicara di muka umum.

Berikut 13 tips yang dapat menjadi cara meningkatkan rasa percaya diri untuk dapat terampil berbicara di depan umum:

1. Kuasailah Materi

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking yang pertama serta paling mendasar adalah tentu saja menguasai materi. Untuk itu luangkanlah waktu untuk mempelajari materi yang akan Anda sampaikan secara tuntas.

Metode untuk memudahkan penyampaian materi adalah gunakanlah keynote. Gunakanlah keynote tersebut dalam beberapa kali latihan agar Anda paham dan lancar membawakannya.

2. Anggap Layaknya Sedang Berbicara

Cara selanjutnya adalah membangun rasa kepercayaan diri secara instan dengan jalan menganggap jika presentasi yang Anda lakukan ibaratnya sesi percakapan. Meski terkesan sepele, akan tetapi teknik ini berguna untuk mengurangi rasa takut saat menyampaikan materi.

3. Tanamkan Terus Self-Affirmation

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking yang ketiga adalah menanamkan afirmasi positif secara berkesinambungan pada diri sendiri. Cara berpikir positif yang Anda tanamkan akan menjadi dukungan dari dalam diri untuk berani tampil ke depan audiens.

Sampaikan sugesti positif dalam diri, baik sebelum maupun setelah presentasi. Misalkan dengan kalimat sederhana “Tenang! Semua akan berjalan lancar,” atau “Tenang saja, materinya sudah terkuasai dengan banyak latihan kok.”

Self-affirmation positif yang dilakukan secara terus menerus akan dapat membantu membangkitkan mood saat sedang public speaking.

4. Anggap Audiens Sebagai Pendukung

Saat sedang berbicara di depan umum, buanglah berbagai pikiran atau berbagai asumsi negatif yang timbul. Hal ini memang tak mudah namun wajib untuk Anda lakukan jika ingin kegiatan public speaking Anda lancar.

Bangunlah anggapan jika audiens di depan Anda adalah para pendukung yang pasti akan mendengarkan seluruh penyampaian materi.

5. Jangan Lupakan Intonasi

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking selanjutnya adalah jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada intonasi suara Anda. Langkah untuk melakukannya adalah dengan mengatur pernapasan Anda.

Penyampaian materi yang menggunakan intonasi akan memudahkan para undangan dapat memahami secara lebih mudah apa yang Anda sedang sampaikan. Hindari berbicara terlalu cepat karena rasa gugup yang berlebihan.

Sebaliknya bicaralah dengan runtut, jelas serta perlahan supaya apa yang Anda sampaikan terdengar jelas. Minimalisir rasa gugup dengan relaksasi dengan mengambil jeda, kemudian lanjutkan penyampaian materi Anda.

6. Latihan, Latihan dan Latihan

Latihan, latihan dan latihan adalah hal paling mendasar lainnya yang harus Anda masukkan dalam metode public speaking yang prima. Sebelum memulai berbicara, lakukan banyak latihan intensif.

Gunakanlah keynote yang berisi berbagai poin dari materi yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Latihlah juga cara menyampaikan materi yang efektif dan efisien. Jangan lupa latihlah vocal, gestur tubuh, intonasi suara, mimik muka serta struktur kalimat di depan kaca.

Luangkan juga waktu 30 menit sebelum tampil untuk membangkitkan dan membangun mood Anda. Tak ada salahnya juga lho jika Anda menonton tayangan cara tepat untuk melatih keahlian pidato dari berbagai sumber, misalnya YouTube.

7. Hilangkan Rasa malu

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking berikutnya adalah meningkatkan kunci percaya diri dengan melawan rasa malu. Cara sederhana yang mungkin Anda sudah ketahui adalah membangun anggapan jika audience di depan Anda itu tidak ada.

Bangunlah anggapan jika seakan-akan Anda sedang berbicara sendiri. Yakinlah jika sedikit demi sedikit rasa malu akan dapat berkurang, lalu rasa percaya akn timbul secara otomatis secara perlahan.

8. Sesuaikan Penampilan

Berikutnya, sesuaikan penampilan dengan acara serta audience yang datang. Berdiri dan tampil di muka umum secara otomatis akan membuat Anda menjadi pusat perhatian. Untuk itu sempatkan untuk mempersiapkan outfit terbaik Anda.

9. Lakukan Kontak Mata dengan Audiens

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking berikutnya adalah lakukan kontak mata dengan para penonton. Dengan melihat secara langsung ke mata penonton akan menandakan jika Anda tampil penuh dengan rasa percaya diri.

Selain itu penonton atau audiens juga akan merasa dihargai dan terlibat dalam penyampaian materi yang Anda lakukan. Jangan terlalu sering menunduk, karena hal itu akan menimbulkan kesan rasa kurang percaya diri.

Bagi yang belum terbiasa, lakukan kontak mata dengan beberapa penonton saja secara acak, sedangkan di sisa penampilan lemparkan pandangan ke area belakang.

10. Hilangkan Rasa Takut Salah Bicara

Sangat normal dan alamiah jika pada tampilan awal Anda merasakan ketakutan.

Takut salah bersikap, takut salah berbicara, takut salah menyampaikan materi dan berbagai ketakutan lainnya. Meski hal tersebut normal, namun Anda jangan terlena dan haus melawan rasa takut itu.

Seandainya pun Anda melakukan kesalahan, jangan kecewa. Anggaplah itu adalah pelajaran berharga dan perbaikilah pada kesempatan berikutnya.

11. Lakukan Interaksi Dengan Audiens

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking dapat juga Anda bangun dengan memancing fokus audience dengan melakukan interaksi ringan. Misalnya saja meminta persetujuan dari pendapat yang telah Anda sampaikan.

Cara lainnya bisa juga dengan memberikan pertanyaan. Hal itu selain akan dapat membantu Anda lebih percaya diri, juga menimbulkan kesan dekat dengan penonton sehingga akan semakin lancar berbicara.

12. Gunakan Gaya Sendiri

Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking berikutnya adalah menggunakan gaya bicara milik Anda sendiri dalam penyampaian materi. Dengan menggunakan cara dan gaya bicara milik sendiri akan membuat Anda berbicara dengan lebih santai.

Selain itu menggunakan gaya bicara Anda sendiri akan membuat berbicara jadi lebih mengalir apa adanya tanpa rasa takut salah yang berlebihan.

13. Jangan Lupa Berdoa!

Sebagai langkah paling akhir, jangan lupa untuk berdoa. Terlepas dari beragam keyakinan agama, aktivitas doa terbukti akan akan membuat seseorang menjadi jauh lebih tenang. Dengan begitu maka akan timbul energi positif sehingga rasa pede akan muncul.

Dengan munculnya rasa percaya diri maka Anda akan mampu untuk berbicara lebih santai dan lancar. Jadi setelah berbagai latihan dan upaya positif yang Anda bangun, jangan lupa untuk menutupnya dengan doa-doa sebagai penguat.

Nah itulah 13 cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking yang dapat Anda praktikkan. Ingatlah bahwa pis4u yang tajam hanya dapat tercipta melalui banyak asahan. Jadi yuk segera latih dan praktekkan!

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking"