NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

Cara Mengatasi Overthinking Pada Remaja, Mudah!

Cara Mengatasi Overthinking Pada Remaja

Sebagai remaja yang sedang mencari jati diri, Anda pasti sering memikirkan hal yang random bahkan diluar nalar. Anda seringkali berlarut larut dalam pikiran tersebut hingga muncul istilah yang dinamakan overthinking. Banyak orang yang menilai overthinking itu buruk. Lalu, bagaimana cara mengatasi overthinking?

Sebelum itu cari tau lebih dalam dulu yuk, apa sih overthinking itu.

Overthinking

Sebelum tahu cara mengatasi overthinking Anda harus tau apa sih overthinking itu. Agar jika Anda adalah orang yang overthinking Anda dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Secara harfiah overthinking adalah over yang melebihi batas dan juga thinking yaitu berfikir. Singkatnya overthinking adalah Anda memikirkan sesuatu secara berlebihan atau kelewat batas.

Anda bisa saja melakukan overthinking dalam banyak situasi. Seperti ketika membuat pilihan pilihan besar. Anda memilih ingin masuk ke sekolah mana atau universitas mana. Itu akan membuat Anda berpikir panjang yang diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam kepala Anda.

Ketika dihadapkan dengan pilihan-pilihan kecil Anda juga bisa saja terlarut dalam pikiran Anda. Anda akan berlarut-larut dalam pilihan kecil yang terkesan remeh. Namun pertanyaan itu terus berputar di kepala Anda.

Memikirkan sesuatu memang tidak ada salahnya dalam pengambilan keputusan tentang masa depan. Namun jika sudah kronis dan dalam waktu yang lama, hal ini menjadi sangat mengganggu. Overthinking bisa mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan Anda, misalnya overthinking ke pacar, atau hal lain seperti mulai mengganggu tidur Anda, pekerjaan, hubungan, kesehatan, atau aspek lain dari kehidupan sehari-hari Anda.

Selain itu, overthinking ini membuat Anda menjadi tidak produktif. Jika Anda bermasalah dengan overthinking, Anda mungkin merasa stuck atau tidak dapat mengambil tindakan sama sekali. Mungkin sulit untuk mengeluarkan pikiran dari pikiran Anda atau berkonsentrasi pada hal lain. Terkadang, terlalu banyak berpikir bahkan bisa memperburuk keadaan.

Apakah Overthinking Itu Sama Dengan Stress?

Overthinking tidak sama dengan stres atau khawatir tentang keadaan tertentu. Memiliki banyak pemikiran tentang situasi stres dalam jangka pendek masih memungkinkan bagi Anda untuk bergerak. Ketika Anda gugup tentang presentasi kerja yang penting, misalnya, stres itu dapat membantu Anda bertindak. Anda akan bekerja keras pada proyek dan pergi sedikit lebih awal untuk memastikan Anda tepat waktu.

Namun demikian, tingkat stres dan kecemasan yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab overthinking. Penyebab lain bisa jadi karena Anda terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain, rendah diri, atau terlalu takut untuk melakukan sesuatu.

Anda sudah mengetahui bahwa overthinking dapat mengganggu banyak hal seperti tidur misalnya. Sebelum kita beralih ke cara mengatasi overthinking sebelum tidur, Anda harus tahu dampak lainnya yang cukup krusial dari masalah ini.

Cara Mengatasi Overthinking

Ada banyak cara mengatasi overthinking ini. Terutama jika sudah menjelang tidur, Anda perlu cara tersendiri untuk menghilangkan overthinking sebelum tidur.

1. Challenge Your Mind

Cara mengatasi overthinking yang pertama adalah tantanglah pikiran Anda. Mungkin akan sulit untuk dilakukan. Tapi cara mengatasi overthinking yang pertama ini paling ampuh. Anda harus menantang semua pikiran yang Anda punya, menantang bahwa hal tersebut tidak akan terjadi.

Tantang pikiran Anda, bunuh kekhawatiran Anda dan buang ketakutan Anda. Anda juga harus melihat semua hal itu dari scope yang lebih besar dan berpikir secara objektif. Jika Anda memikirkan ini, semuanya akan masuk akal. Terutama ketika Anda lebih banyak memikirkan hal tidak berguna, ini akan terlihat nyata.

2. Knowing The Pattern

Cara mengatasi overthinking kali ini adalah Anda harus memahami kenapa Anda selalu terlibat dengan pikiran yang berulang-ulang. Anda bisa mulai dengan mencatat setiap kejadian yang Anda pikirkan. Setelah Anda rutin mencatat tersebut, Anda akan melihat sebuah pola pemikiran Anda.

Pola ini menunjukkan apa yang menjadi pemicu Anda untuk overthinking. Ini akan membantu Anda dalam mengembangkan strategi mengatasi situasi yang Anda tahu akan menyebabkan overthinking.

3. Move Your Body

Ya lakukanlah olahraga! Ini adalah cara untuk mengatasi overthinking. Anda mungkin seringkali mendengar bahwa olahraga bisa menjadi pengalih bagi berbagai macam penyakit. Bahkan bisa menghindari atau menyembuhkan depresi, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Olahraga juga dapat membantu mengatasi overthinking kronis. Bahkan berjalan kaki 5 menit di sekitar blok perumahan Anda dapat mengirim masuknya bahan kimia dan hormon yang baik, seperti endorfin, ke otak kita. Inilah yang dapat mencegah overthinking. Gerakan fisik juga dapat membantu mengalihkan sistem saraf Anda agar tidak kaku.

4. Get Some Help

Jika Anda sudah melakukan cara mengatasi overthinking diatas namun masih mengalaminya, Anda mungkin memerlukan bantuan dari orang lain. Siapakah yang bisa membantu Anda dan menjadi berguna sebagai cara mengatasi overthinking.

Pertama adalah meminta bantuan kepada teman. Lebih baik teman yang sudah berpengalaman atau telah melalui masa-masa sulit seperti overthinking ini. Anda bisa mulai menceritakan kegiatan Anda dan apa yang menghambat pemikiran Anda. Mungkin teman Anda bisa memberikan insight untuk membantu Anda mengambil keputusan.

Kedua adalah meminta bantuan kepada profesional. Jika overthinking Anda sudah berada pada taraf yang kronis dan terjadi dalam waktu yang lama, pertolongan terakhir adalah meminta tenaga profesional.

Anda akan dianjurkan untuk mengambil terapi serta obat-obatan yang cocok untuk Anda. Jika Anda kesulitan mengatasi dan kehabisan cara mengatasi overthinking, terapis atau konselor dapat membantu Anda mempelajari strategi untuk mengelola hal tersebut. Mereka juga dapat membantu mengidentifikasi dan mengobati penyebab yang mendasari pemikiran berlebihan, seperti kecemasan atau depresi.

4 poin diatas merupakan cara mengatasi overthinking yang sudah kronis. Namun kembali lagi, Anda sebagai remaja seringkali memikirkan hal hal yang tidak jelas hingga membuat susah tidur. Entah itu masalah cinta, pikiran Anda yang terlalu liar dan banyak hal lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi overthinking sebelum tidur?

Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur

Pikiran-pikiran aneh biasanya datang ketika Anda sedang rileks dan tidak melakukan apa-apa. Sebelum Anda tidur merupakan rentang waktu yang paling bahaya yang tentu saja akan membuat overthinking Anda menyala.

Mengalihkan pikiran Anda bisa menjadi cara untuk mengatasi overthinking. Ketika Anda berada pada posisi rileks, Anda bisa mulai memikirkan hal yang indah dan juga menyenangkan seperti Anda melakukan relaxing holiday.

Anda juga bisa menambahkan musik-musik kesukaan Anda di sela-sela hal tersebut. Namun jangan sampai musik tersebut malah membuat Anda tetap terjaga, buat musik Anda menjadi samar-samar di telinga Anda.

Ada satu lagi cara mengatasi overthinking sebelum tidur. Namun cara ini terkesan agak aneh. Anda dapat melakukan penerimaan terhadap diri Anda. Maksudnya adalah Anda menerima bahwa Anda tidak bisa tertidur karena memikirkan sesuatu.

Jika Anda sudah melakukan itu segeralah bangkit dari kasur Anda dan lakukanlah hal-hal yang menyenangkan dan berarti. Apapun itu, setidaknya Anda tidak hanya berpikir semalaman tanpa melakukan aksi apa apa.

Itu adalah cara mengatasi overthinking yang cukup efektif bagi kebanyakan orang. Anda sangat dianjurkan untuk berfikir sebelum bertindak, namun jika Anda hanyut ke dalam pikiran Anda maka itu adalah overthinking. Intinya, jangan berlarut-larut dalam pikiran yang tidak penting, segera ambil keputusan dan lakukan action.

Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar