NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

6 Penyebab Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kecanduan Game Online

Game online memang bisa menjadi sarana menghabiskan waktu yang paling mengasyikkan. Saking asyiknya, permainan game online bisa membuat orang kecanduan memainkannya. Untuk itu, mari kita kenali apa saja penyebab kecanduan game online pada seseorang.

Ada beberapa penyebab kecanduan game online yang umumnya terjadi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan bermain game pun bisa bervariasi. Usia, lingkungan, dan hal-hal lainnya harus dipertimbangkan dalam mengatasi penyebab kecanduan game online.

Sebelum kita membahas faktor-faktor penyebab kecanduan game online, ada baiknya kita ulas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kecanduan game online. Dengan memahami definisinya, akan lebih mudah memberi solusi penanganan dampak negatif dari game online.

Apa Itu Kecanduan Game Online

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mendefinisikan kecanduan game sebagai "pola perilaku bermain game yang terus-menerus atau berulang”. Hal ini tertuang di dalam International Classification of Desease (ICD11).

Menurut WHO, terdapat tiga kriteria kecanduan game. Yaitu kurangnya kontrol bermain video game, prioritas diberikan ke video game selain minat yang lain, dan ketidakmampuan untuk berhenti bermain video game bahkan setelah terpengaruh oleh konsekuensi buruknya.

Kecanduan game dapat memiliki efek negatif yang sangat merugikan pengidapnya. Dampak negatifnya seperti rusaknya hubungan dengan orang terdekat, kurangnya kontrol atas keuangan, tidak peduli akan kesehatan diri sendiri, bahkan hingga kehilangan pekerjaan.

Ciri-Ciri Kecanduan Game Online

Berdasarkan definisi kecanduan game online diatas, terdapat beberapa ciri-ciri seseorang dinyatakan kecanduan game online. Diantaranya:

1. Bermain Hingga Lupa Waktu

Ketika seseorang sudah dalam tahap kecanduan dalam bermain game online, maka pusat perhatiannya akan sepenuhnya terfokus pada game online. Fokus yang sangat menyeluruh inilah yang membuat banyak orang lupa akan waktu ketika sedang bermain game online.

2. Dorongan yang Kuat Untuk Kembali Bermain

Kemudian, biasanya orang yang sudah kecanduan bermain game online selalu kembali ingin bermain game online. Dorongan ini bisa datang kapan saja dan dimana saja. Baik ketika sekolah, kuliah, kerja, hingga ketika sedang berkumpul dengan orang terdekat.

3. Gelisah dan Obsesi akan Game Online

Ciri-ciri kecanduan game online kelima ialah ketika seseorang gelisah bila tidak bermain game online walau sebentar saja. Pikirannya akan tetap memikirkan tentang game online dan tidak dapat fokus dengan apa yang ada di hadapannya.

4. Emosi yang Tidak Stabil

Tak hanya rasa gelisah dan obsesi, kecanduan game online bisa membuat emosi seseorang senantiasa tidak stabil. Penyebab ketidakstabilan ini masih berkaitan dari permainan, seperti ketika kalah, menang, ataupun memikirkan strategi selanjutnya untuk menang.

5. Berbohong

Ciri-ciri kecanduan game online selanjutnya ialah ketika mulai berbohong kepada orang terdekat. Umumnya berkaitan dengan durasi waktu yang bisa dihabiskan untuk bermain game. Mereka tidak mau kegiatannya dibatasi, sehingga mereka memutuskan untuk berbohong.

Penyebab Kecanduan Game Online

Faktanya, penyebab kecanduan game online punya banyak sekali faktor. Faktor yang mempengaruhi bisa dari faktor internal maupun faktor eksternal. Beberapa penyebab gaming addiction yang umumnya terjadi ialah sebagai berikut.

1. Kurangnya Perhatian dari Orang Sekitar

Penyebab pertama dari online game addiction ialah kurangnya perhatian dari orang sekitar. Pada anak-anak dan remaja, biasanya kecanduan terjadi karena kurangnya perhatian dari orang tua. Hal ini mengakibatkan mereka mencari perhatian dari luar, salah satunya dari game online.

2. Pelarian dari Kehidupan

Kedua, beberapa orang menggunakan game online sebagai sarana pelarian dari kehidupan nyata. Adanya rasa ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan di kehidupan nyata membuat sesorang mencari outlet lain yang membuat mereka bisa terlepas dari masalah meskipun sementara.

Salah satu outlet pelarian yang paling mudah ialah bermain game online. Sangat mudah sekali seseorang untuk tenggelam dalam game online. Hal ini karena game online bisa memberikan rasa puas yang dapat membuat pemain lupa akan kehidupan nyata.

3. Bosan

Poin ketiga penyebab kencanduan game online ialah rasa bosan. Pada awalnya, mungkin seseorang bermain game online hanya sekedar bosan. Namun bila tidak ada pengendalian diri yang kuat, game online sangat dapat membuat pemainnya kecanduan.

4. Mencari Tantangan

Selain rasa bosan, game online juga dapat memberikan tantangan pada pemainnya. Pada tahap awal, pemain bermain pada level yang lebih mudah. Nantinya, level yang dimainkan akan semakin sulit sehingga membuat pemain berupaya untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

5. Depresi

Selanjutnya, permainan game online juga bisa memberikan efek candu bila seseorang sedang ada di tahap depresi. Salah satu ciri-ciri seseorang ada di tahap depresi ialah kecenderungan menarik diri dari lingkungan.

Saat fase menarik diri inilah maka game online dapat menyuguhkan hiburan bagi pemainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk seseorang yang sedang dalam depresi untuk mencari pertolongan. Baik dari orang sekitar yang dapat dipercaya maupun pihak profesional.

6. Bebas Mengekspresikan Diri Sendiri

Ada kalanya, seseorang tidak dapat mengekspresikan dirinya dengan baik dalam kehidupan nyata. Penyebabnya bisa karena malu, khawatir, kurang percaya diri, dan sebagainya. Dalam game online, para pemainnya cenderung bermain secara anonim.

Dari sana, sesama pemain biasanya bebas berkomunikasi dan mengekspresikan apa yang selama ini tidak bisa di kehidupan nyata tanpa takut identitasnya diketahui. Mereka tidak perlu khawatir untuk dihakimi maupun menerima konsekuensi atas tindakannya di game online.

Cara Mengatasi Penyebab Kecanduan Game

Kecanduan terhadap apapun, termasuk pada game online, memang bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, hal-hal di bawah ini bisa membantu anda untuk mengatasi gaming addiction. Diantaranya yaitu:

1. Tekad Kuat

Langkah awal untuk dapat keluar dari kecanduan game online ialah menyadari bahwa itu bukanlah hal benar. Dari sana, dibutuhkan tekad yang kuat untuk mengambil langkah agar terlepas dari kecanduan.

2. Dukungan dari Orang Terdekat

Kemudian, jangan ragu untuk meminta dukungan dan bantuan dari orang terdekat yang anda percaya. Bisa dari orang tua, sahabat, guru, dan teman-teman yang juga sama-sama punya kecanduan akan game online.

3. Minta Bantuan Profesional

Terakhir, anda dapat meminta bantuan profesional seperti psikolog, psikiater, dan konseling yang sudah berlisensi menangani addiction. Mereka dapat menganalisa penyebab kecanduan game online yang anda alami dan memberikan bantuan sesuai dengan kondisi anda.

Terkadang, penyebab kecanduan game online berasal dari akar isu yang tidak disadari oleh pengidapnya. Oleh karena itu, pihak profesional sudah terlatih untuk menggali penyebabnya dan memberikan penanganganan dan terapi yang tepat agar dapat terbebas dari kecanduan.

Penutup

Kesimpulannya, penyebab kecanduan game online bisa berasal dari beragam hal. Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk menentukan batasan ketika bermain game online untuk mencegahnya masuk ke dalam tahap kecanduan/addiction.

Related Posts

Posting Komentar