NhtWfPz58M7zQ3LTiasbXsSuTgl7LmPmXMtLy6Eg

7+ Ciri-Ciri Kecanduan Game Online pada Anak

Ciri-Ciri Kecanduan Game Online pada Anak

Game online adalah permainan yang dimainkan secara online melalui smartphone atau komputer. Beragam permainan di dalamnya membuat anak tertarik. Namun, jika waktu bermain game online tidak dibatasi, maka anak bisa menunjukkan ciri-ciri kecanduan game online.

Ya, kecanduan game online merupakan salah satu akibat negatif yang ditimbulkan akibat bermain game online terlalu lama. Kecanduan game online bisa semakin parah dan bahkan bisa menyebabkan gangguan mental. Berikut ini tanda anak mengalami kecanduan game online!

Ciri-ciri Kecanduan Game Online

Kecanduan game online pada anak harus dikenali dengan cepat sehingga bisa langsung ditangani dan diatasi agar dampak negatif dari kecanduan bermain game online tersebut tidak semakin parah. Apa saja ciri-ciri anak yang mengalami kecanduan game online?

1. Selalu Memiliki Keinginan untuk Bermain Game

Ciri-ciri kecanduan game online yang pertama adalah selalu memiliki keinginan untuk bermain game online. Keinginan dipikirkan dengan sangat kuat, sehingga sepanjang hari anak bisa saja terus memikirkan game online.

Ia bahkan akan selalu berpikir tentang strategi yang akan digunakan untuk bermain. Anak juga akan memiliki obsesi yang besar untuk memenangkan setiap permainan, mendapatkan banyak poin, bahkan ingin menjadi pemain terbaik.

Ia akan berusaha terus bermain game dalam waktu yang lama untuk mencapai apa yang diinginkan atau untuk memenuhi obsesi yang ada di pikirannya.

Anak yang mengalami kecanduan akan terus memikirkan game online meskipun ia sedang tidak memainkannya. Jika ia terus memikirkan game online, maka kegiatan lainnya yang sedang ia kerjakan akan terganggu bahkan tidak akan selesai.

2. Sering Merasa Khawatir dan Cemas Berlebihan

Bermain game online terlalu sering hingga berjam-jam akan menimbulkan efek negatif bagi anak. Selain itu, jika dibiarkan terus menerus anak juga akan mengalami kecanduan.

Anak yang sudah mengalami kecanduan akan susah untuk diminta berhenti bermain game online. Tanda kecanduan bermain game online ini bisa dilihat ketika anak sering merasa khawatir dan cemas berlebihan ketika tidak bermain game online.

Ya, jika anak mengalami cemas dan khawatir berlebihan, maka ia akan lebih mudah marah dan tersinggung. Akibatnya, anak bisa menunjukkan berbagai perilaku negatif lainnya.

3. Menghabiskan Banyak Uang untuk Game Online

Ciri-ciri kecanduan game online yang selanjutnya adalah anak rela meminta banyak uang kepada orang tuanya. Uang itu akan ia gunakan dalam permainan game online.

Ya, beberapa game online memang membutuhkan uang untuk membeli diamond yang digunakan dalam bermain game. Diamond itu dapat ditukar dengan berbagai item untuk menunjang pemain, sehingga mendapatkan kesempatan lebih besar untuk menang.

Anak akan minta uang kepada orang tuanya terus menerus hanya demi game online.

Beberapa anak yang mengalami kecanduan game online sangat parah bahkan rela melakukan apa pun untuk mendapatkan uang. Mereka bisa saja berperilaku buruk seperti mencuri uang.

4. Tidak dapat Konsentrasi dan Fokus

Ciri-ciri kecanduan bermain game online lainnya adalah tidak bisa konsentrasi atau fokus dengan kegiatan yang ia lakukan. Konsentrasi anak cenderung menurun jika terlalu sering bermain game online.

Kondisi ini bisa memicu menurunnya prestasi akademik anak. Selain itu, anak yang mengalami kecanduan game online cenderung tidak mau fokus mengerjakan kegiatan lainnya.

5. Mudah Merasa Lelah

Ciri-ciri kecanduan game online selanjutnya adalah anak akan mudah merasa lelah. Kondisi ini dipicu karena ketika bermain game online, anak cenderung duduk diam tanpa melakukan banyak gerakan.

Oleh karena itu, ketika diminta melakukan aktivitas lain yang mengharuskan dilakukan dengan banyak gerakan, anak akan mudah merasa lelah.

Mata anak juga akan cepat lelah karena sudah terlalu sering menatap layar ponsel atau komputer dalam waktu yang lama.

Rasa mudah lelah juga bisa ditimbulkan karena anak terlalu sering begadang di malam hari hanya untuk bermain game online.

6. Mengalami Gangguan Tidur

Gangguan perilaku akibat game online sangat beragam. Salah satunya adalah mengalami gangguan tidur. Mengapa anak cenderung mengalami gangguan tidur ketika kecanduan game online?

Kondisi ini bisa terjadi karena anak selalu memikirkan game online. Ia tidak bisa tidur pulas karena belum menyelesaikan permainan pada game online dan menjadi pemenang.

Biasanya anak yang mengalami gangguan tidur malah akan tambah sering bermain game online. Waktu istirahat yang terganggu akan menyebabkan terganggunya metabolisme anak. Akibatnya, anak bisa mengalami gangguan pertumbuhan.

7. Mengalami Gangguan Kesehatan

Tanda-tanda kecanduan game lainnya adalah anak mengalami gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang bisa dialami anak sangat banyak. Misalnya, gangguan kesehatan mata karena terlalu sering menatap layar ponsel atau komputer. Anak bahkan bisa mengalami mata minus.

Selain itu, gangguan kesehatan lainnya dapat berupa sering mual, muntah, dan pusing. Gangguan kesehatan ini juga dapat diakibatkan karena anak terlalu fokus dan lama menatap layar ponsel atau komputer dalam jarak dekat.

8. Emosi Tidak Stabil

Ciri-ciri kecanduan game online dapat dilihat dari perilaku dan emosi anak yang menjadi tidak stabil. Emosi anak yang tidak stabil, misalnya sering marah dan mudah tersinggung.

Emosi tidak stabil ini bisa diakibatkan karena anak masih terbawa emosi seperti sedang melakukan game. Ya, apalagi jika anak mengalami kekalahan saat bermain game. Ia akan mudah marah dan merasa kesal sepanjang hari.

Emosi pada anak juga bisa mempengaruhi perilaku anak. Perilaku yang menandakan anak mengalami kecanduan game online adalah menunjukkan perilaku lebih agresif.

Perilaku agresif yang ditunjukkan anak bisa dipengaruhi oleh jenis permainan pada game online yang ia mainkan. Anak yang suka bermain game perang atau pertempuran cenderung memiliki sikap lebih agresif.

Jika kecanduan game online semakin parah, anak bahkan bisa melakukan kegiatan yang merugikan orang lain. Ia dengan mudah akan sering memukul orang lain atau mengacak-acak barang dan bahkan melemparkan barang ke orang lain.

9. Kehilangan Minat pada Dunia Nyata

Ciri kecanduan game online yang paling membuat khawatir adalah hilangnya minat pada dunia nyata. Anak yang sudah kecanduan game online lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain game. Lama-lama ia akan merasa bahwa game online adalah dunianya.

Ia beranggapan bahwa dunia paling menyenangkan ada di game online, bukan pada dunia nyata. Ia cenderung akan lebih asyik dengan dunianya di game online.

Jika hal itu terjadi, anak akan menunjukkan perilaku menarik diri dari lingkungan di sekitarnya. Ia merasa tidak peduli lagi dengan dunia yang ada di sekitarnya.

Akibatnya ia tidak mudah bersosialisasi bahkan cenderung tidak mau bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Ia juga akan mengalami gangguan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Penutup

Itulah ciri-ciri kecanduan game online yang harus waspadai. Ketika Anda cepat mengenali ciri-ciri tersebut, maka cara mengatasi kecanduan game online bisa langsung dilakukan agar tidak menimbulkan dampak negatif yang lebih besar.

Related Posts

Posting Komentar